New Normal, Protokol Kesehatan Tetap Diterapkan hingga Ada Vaksin Covid-19

Pernita Hestin Untari, Okezone · Selasa 26 Mei 2020 16:26 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 05 26 337 2219878 new-normal-protokol-kesehatan-tetap-diterapkan-hingga-ada-vaksin-covid-19-o9oDY1ERVG.jpeg Tim Pakar Gugus Tugas Nasional Wiku Adisasmito (Foto: BNPB)

JAKARTA - Pemerintah Indonesia tengah menyiapkan tatanan kehidupan baru di tengah pandemi virus corona (Covid-19) atau yang dikenal new normal (normal baru). Untuk permulaan, bakal diterapkan di empat provinsi dan 25 kabupaten/kota.

Tim Pakar Gugus Tugas Nasional Wiku Adisasmito menjelaskan, tatanan baru ini untuk menata kehidupan manusia dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

“Transformasi ini (new normal) untuk menata kehidupan dan perilaku baru ketika pandemi yang kemudian ada imbauan (protokol kesehatan) terus ke depannya yang akan disarankan sampai ditemukannya vaksin Covid-19,” kata Wiku dalam tayangan iNews TV, Selasa (26/5/2020).

Baca Juga:  Presiden Jokowi Buka Peluang New Normal Dilebarkan ke Provinsi Lain

Ilustrasi

Adapun beberapa protokol kesehatan yang diterapkan saat new normal baru dikutip dari iNews TV di antaranya yakni, memakai masker dan sarung tangan saat menggunakan kendaraan umum, tidak boleh berbagi makanan, dan rajin mencuci tangan.

Sementara itu, di tempat kerja ruangan harus berventilasi dan menjaga kebersihan ruangan secara berkala. Para karyawan yang bekerja juga diimbau untuk menutup hidung saat batuk atau bersin dengan tisu, dan membungkus tisu yang akan dibuang. Lalu, saat sakit lebih baik bekerja dari rumah.

Dalam rangka menyiapkan skema new normal sekitar 70 mal di Jakarta juga akan dibuka mulai 5 Juni 2020. Ketua Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI), Ellen Hidayat memastikan pihak pengelola mal juga akan tetap mengikuti arahan dari Pemerintah atau Gubernur DKI mengenai tanggal yang dipilih untuk mulai beroperasinya pusat perbelanjaan di DKI Jakarta.

Baca Juga: Akan Kembali Buka Mal, Presiden Jokowi: Tetap Produktif tapi Aman Covid-19  

Selain itu, pihak mal juga tetap akan menerapkan sejumlah protokol kesehatan menyesuaikan pandemi virus corona. Beberapa di antaranya, mengukur suhu pengunjung, wajib menggunakan masker bagi pengunjung dan karyawan mal, dan menyediakan hand sanitizer.

(Ari)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini