Korlantas Siapkan 116 Pos Penyekatan Arus Balik di Jalur Jawa hingga Sumatera

Puteranegara Batubara, Okezone · Selasa 26 Mei 2020 15:10 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 26 337 2219806 korlantas-siapkan-116-pos-penyekatan-arus-balik-di-jalur-jawa-hingga-sumatera-NAX7z7JX2O.jpg Kepala Korlantas Polri Irjen Istiono (Foto: Puteranegara)

JAKARTA - Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Istiono menyatakan telah menyiapkan 116 pos penyekatan untuk pengamanan arus balik Lebaran 2020 saat pandemi Covid-19 atau virus corona. 

Istiono mengungkapkan, ratusan pos pengamanan tersebut disiapkan di sepanjang jalur Pulau Jawa hingga Pulau Sumatera. Mulai dari Jawa Timur hingga Lampung.

"116 pos pengamanan penyekatan untuk arus balik kami laksanakan secara maksimal di titik tersebut baik itu dari Jawa Timur sampai dengan Lampung," kata Istiono di Gedung NTMC Korlantas Polri, Jakarta Selatan, Selasa (26/5/2020).

Baca Juga: Presiden Jokowi Buka Peluang New Normal Dilebarkan ke Provinsi Lain

Istiono menjelaskan, untuk di Jawa Timur penyekatan disediakan pada jalur Pantira maupun jalur selatan. Sementara di Jawa Tengah, penyekatan juga dibangun di Pantura dan lajur selatan-selatan.

"Titik-titik itu sudah kami bangun dengan cara bertindak dan diawaki personel yang maksimal di sana," ujar Istiono.

Sementara pada wilayah Jawa Barat, Korlantas juga menyiapkan penyekatan di Tol Palimanan hingga Pantura."Di Pantura juga sudah disiapkan penyekatan kemudian di jalur tengah maupun jalur selatan juga disiapkan," imbuh Istiono.

Untuk wilayah DKI Jakarta, sudah ada 11 titik pos untuk dilakukan penyekatan para warga memasuki wilayah tersebut. Kemudian, di Banten juga disekat pada jalur tol dan arteri.

"Penyekatan di jalur pantura timur maupun jalur tol dan arterinya sudah semua maksimal untuk melakukan langkah penyekatan tersebut," tutur Istiono.

Baca Juga: Sambut 'New Normal', Presiden Jokowi Kerahkan Prajurit TNI dan Polri 

Di sisi lain, sampai dengan H+1 Lebaran, polisi telah memutarbalikan kendaraan sebanyak 82 ribu. Untuk travel gelap sebanyak 605 kendaraan.

"Arus balik arus mudik juga kemarin menunjukkan angka penurunan yang cukup signifikan sehingga di Cipali turun sampai 83 persen," tutup Istiono.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini