27 dan 28 Mei Matahari Melintas di Atas Ka'bah, Saatnya Cek Kembali Arah Kiblat!

Tim Okezone, Okezone · Selasa 26 Mei 2020 14:49 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 26 337 2219788 27-dan-28-mei-matahari-melintas-di-atas-ka-bah-saatnya-cek-kembali-arah-kiblat-9MRP8O4MFY.jpg Ilustrasi. (Foto: Istimewa)

JAKARTA - Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah (Urais Binsyar) Agus Salim mengatakan, berdasarkan data astronomi, matahari akan melintas tepat di atas Ka'bah, pada Rabu dan Kamis (27-28/52020),

“Peristiwa alam ini akan terjadi pada pukul 16.18 WIB atau 17.18 WITA. Saat itu, bayang-bayang benda yang berdiri tegak lurus, di mana saja, akan mengarah lurus ke Ka'bah," terang Agus Salim di Jakarta, Minggu (26/05).

Menurutnya, peristiwa semacam ini dikenal dengan nama Istiwa A'dham atau Rashdul Qiblah. Yaitu, waktu matahari di atas Ka'bah, di mana bayangan benda yang terkena sinar matahari menunjuk arah kiblat.

(Foto: Humas Kemenag)

Momentum ini, lanjut Agus, dapat digunakan bagi umat Islam untuk memverifikasi kembali arah kiblatnya. Caranya adalah dengan menyesuaikan arah kiblat dengan arah bayang-bayang benda pada saat Rashdul Qiblah.

Dijelaskan Agus, ada beberapa hal yang perlu diperhaikan dalam proses verifikasi arah kiblat, yakni, pertama pastikan benda yang menjadi patokan harus benar-benar berdiri tegak lurus atau pergunakan lot/bandul. Kedua, permukaan dasar harus betul-betul datar dan rata. Ketiga, jam pengukuran harus disesuaikan dengan BMKG, RRI atau Telkom.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini