Share

Sambut 'New Normal', Presiden Jokowi Kerahkan Prajurit TNI dan Polri

Fahreza Rizky, Okezone · Selasa 26 Mei 2020 14:28 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 26 337 2219771 sambut-new-normal-presiden-jokowi-kerahkan-prajurit-tni-dan-polri-4Rsi719ELC.jpg Foto Ilustrasi Okezone

JAKARTA - Presiden Joko Widodo mengerahkan ratusan ribu personel TNI-Polri secara massif untuk menyambut tatanan kehidupan baru (new normal) di tengah pandemi corona. Ia ingin masyarakat tetap produktif tetapi aman dari Covid-19.

"Kita ingin tetap produktif tapi aman dari Covid," kata Jokowi saat meninjau kesiapan penerapan new normal di Mall Summarecon, Bekasi, Jawa Barat, Selasa (26/5/2020).

 Baca juga: Pekerja Ibu Kota Siap Sambut New Normal di Tengah Pandemi Corona

Jokowi menuturkan, pasukan TNI-Polri akan digelar di setiap keramaian guna mendisiplinkan warga terhadap protokol kesehatan, misalnya menggunakan masker, menjaga jarak aman dan mencuci tangan.

"Kita ingin TNI-Polri ada di setiap keramaian, untuk lebih mendisiplinkan masyarakat agar mengikuti protokol kesehatan," tuturnya.

 Baca juga: Persiapan 'New Normal', Presiden Jokowi Datangi Mal Summarecon Bekasi 

Sebagaimana diketahui, Presiden Jokowi menerjunkan pasukan TNI-Polri di empat provinsi dan 25 kabupaten/kota untuk menyongsong new normal di tengah pandemi corona.

Jokowi juga berharap diterjunkannya pasukan TNI-Polri secara massif dapat menurunkan kurva penularan Covid-19 di wilayah yang menjadi sorotan tadi.

"Kita harapkan kurva penyebaran Covid semakin menurun. R0 (R naught) di beberapa provinsi sudah di bawah 1 diharapkan semakin turun dengan digelarnya pasukan TNI-Polri secara massif," ucap Kepala Negara.

Sementara itu, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengatakan, aparat akan melakukan pendisiplinan di 1.800 titik obyek keramaian, seperti moda transportasi massal, mal, tempat pariwisata, dan lain sebagainya.

"Saya mohon dukungan untuk berhasilnya pelaksanaan pendisiplinan protokol tersebut mudah-mudahan 4 provinsi dan 25 kabupaten/kota itu nantinya R0 (r naught) nya bisa turun sampai 0,7 atau yang lebih bagus," tutup Hadi.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini