Bocorkan Data Pemilih di Medsos, Akun @underthebreach Bakal Dipolisikan

Fakhrizal Fakhri , Okezone · Selasa 26 Mei 2020 13:26 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 26 337 2219725 bocorkan-data-pemilih-di-medsos-akun-underthebreach-bakal-dipolisikan-pNm0xEKbYf.jpg Foto Ilustrasi shutterstock

JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan bekerjasama dengan Mabes Polri terkait bocornya data pemilih yang diposting akun twitter @underthebreach di media sosial. 

Sebelumnya, @underthebreach telah memposting data pemilih milik KPU dengan menunjukkan contoh tampilan DPT Pemilu 2014 di Yogyakarta.

"KPU tetap memproses upaya penyalahgunaan data pemilih tersebut secara hukum, meskipun data tersebut tidak didapatkan langsung dari KPU," ujar Pramono saat dikonfirmasi Okezone, Selasa (26/5/2020).

 Baca juga: KPU Bantah Data Pemilih Diretas

Saat ini, lanjut Pramono, KPU telah berkoordinasi ke Cyber Crime Mabes Polri, BSSN dan Kemenkominfo untuk mengetahui secara pasti bagaimana data pemilih Pemilu 2014 tersebut diperoleh, dan bagaimana mencegah penyalahgunaan data tersebut.

Sebelumnya, Pramono menegaskan, tidak terjadi kebocoran atau peretasan terhadap data

DPT Pemilu 2014 yang berada dalam penguasaan KPU. Saat ini, lanjut dia, kondisi data DPT Pemilu 2014 di KPU RI dalam keadaan baik dan aman.

 Baca juga: Website PN Kepanjen Diretas Terkait Dakwaan Pelajar yang Membunuh Pelaku Begal

"Data yang ditampilkan pada akun twitter tersebut adalah data lama (November 2013) dengan format pdf dan format ini sama dengan yang KPU berikan kepada pihak eksternal (stakeholder)," kata dia.

Ia menjelaskan, pemberian data tersebut dilakukan dengan berita acara dan menandatangani surat pernyataan resmi. Surat pernyataan tersebut menyatakan bahwa data DPT adalah

data rahasia dan hanya untuk kepentingan Pemilu.

"KPU berkomitmen untuk melindungi data pribadi, sebagaimana tertuang dalam Peraturan KPU Nomor 11 Tahun 2018 tentang Penyusunan Daftar Pemilih di Dalam Negeri dalam Penyelenggaraan Pemilihan Umum," terangnya.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini