Idul Fitri di Tengah Pandemi, Jokowi: Memang Berat, Kita Hadapi Bersama-sama

Fahreza Rizky, Okezone · Minggu 24 Mei 2020 10:43 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 24 337 2218839 idul-fitri-di-tengah-pandemi-jokowi-memang-berat-kita-hadapi-bersama-sama-4GqQqz3lAu.jpg Presiden Joko Widodo saat hendak melaksanakan Sholat Idul Fitri (Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, Lebaran di tengah pandemi virus corona memang berat. Semua warga tak bisa mudik, open house ataupun menggelar Sholat Idul Fitri di lapangan. Namun, ia optimis wabah ini akan segera berlalu.

"Tak ada gelar griya (open house), mudik, atau salat Id di lapangan pada hari Lebaran tahun ini. Memang ini berat, tapi kita alami dan hadapi bersama-sama. Semoga pandemi ini segera berlalu agar kita dapat bertemu dan saling melepas rindu," ucapnya sebagaimana dikutip dari Instagram resmi @jokowi, Minggu (24/5/2020).

Jokowi sendiri melaksanakan Sholat Id di halaman depan Wisma Bayurini, Istana Kepresidenan Bogor bersama Ibu Iriana dan putru bungsunya, Kaesang Pangarep. Kemudian, Kepala Negara juga ditemani Paspampres dan pejabat Sekretariat Presiden. Salat Id dipimpin Ketua DKM Masjid Baitussalam Istana Kepresidenan Bogor, Muhammadun. 

Baca Juga: Idul Fitri 1441 H, Prabowo Semangati Tenaga Medis Pejuang Covid-19

Dalam khotbahnya yang bertema "Idul Fitri Momentum Hijrah", Muhammadun menyampaikan Idul Fitri adalah momentum untuk menghapus segala dosa dan kesalahan, dan momentum untuk hijrah menuju kebaikan. 

“Jika sebelum Ramadhan, kita saling bermusuhan, saling menghina satu sama lain, banyak melakukan kesalahan. Maka setelah hari raya Idul Fitri ini, mari kita komitmen untuk memperbaiki diri, saling rukun, saling bermaafan, saling bersatu dan saling mempererat persaudaraan,” ucap Muhammadun.

Jokowi sholat Id

Lebih lanjut, Muhammadun mengingatkan bahwa sebagai sesama muslim adalah bersaudara, sehingga harus saling berbuat baik.

“Semoga hari raya Idul Fitri ini, menjadikan momentum bagi kita untuk semakin baik, semakin rukun, semakin bersatu, cinta damai, mendapatkan rahmat dan ampunan dari Allah SWT,” kata Muhammadun.

Baca Juga: Anies: Manfaatkan Teknologi untuk Silaturahmi saat Idul Fitri

Setelah melaksanakan Shalat Id sekitar pukul 06.52 WIB, Presiden Jokowi dan Iriana Jokowi beserta Kaesang Pangarep kembali ke Wisma Bayurini.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini