nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kapolda Jabar: Sudah Dilarang, Kenapa Memaksakan Mudik?

Fathnur Rohman, Jurnalis · Sabtu 23 Mei 2020 22:41 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 05 23 337 2218703 kapolda-jabar-sudah-dilarang-kenapa-memaksakan-mudik-6S6Zt2fNn8.jpg Kapolda Jabar Irjen Pol Rudy Sufahriadi/Foto: Fathnur Rohman-Okezone

CIREBON - Kapolda Jawa Barat (Jabar) Irjen Pol Rudy Sufahriadi mengimbau masyarakat tidak melakukan mudik pada Lebaran 2020. Imbauan itu mengikuti keputusan Presiden Joko Widodo (Jokowi) melarang mudik sebagai bentuk pencegahan penyebaran virus corona atau Covid-19.

Menurut Rudy, sejak larangan mudik dikeluarkan pada 24 April 2020 lalu, pihaknya sudah melakukan upaya penyekatan untuk menghalau pemudik agar tidak melintas. Utamanya di Jalur Pantai Utara (Pantura). Kendati sudah melakukan penyekatan, Rudy sendiri tidak menampik kalau banyak ditemukan pengendara yang terindikasi melakukan mudik.

"Imbauan juga sudah dilakukan. Kami juga sudah menyekat dari arah Jakarta. Namun masih ada yang lolos dan masih ada yang jalan. Tetap saya mengimbau, kalau tidak bisa pulang sesuai arahan pak Presiden, kenapa harus pulang," kata Rudy kepada wartawan, usai melakukan peninjauan di Chek Point Losari, Cirebon, Jawa Barat. Sabtu (23/5/2020).

Ia menambahkan, berdasarkan laporan yang diberikan oleh Kapolresta Cirebon Kombes Pol M Syahdudi, sudah ada hampir 500 kendaraan yang diputar balik. Baik itu kendaraan roda dua ataupun roda empat. "Kalau di Cirebon hampir 500 kendaraan yang diputar balik," ujarnya.

Meski mudik sudah dilarang, sambung Rudy, pihaknya tetap akan melakukan antisipasi bila terjadi arus balik setelah perayaan lebaran. Ia menyampaikan, Polda Jabar sudah berkoordinasi dengan Polda Jateng untuk persiapan arus balik nanti.

"Kalau arus balik kita perkuat di sini, di Cirebon ini. Sesuai kunjungan Kapolda Jateng ke sini, minta diperkuat di sini. Kalau arus balik nanti diperkuat di sana, di Brebes. Mudah-mudahan kita tidak banyak memulangkan kalau di sana kuat," ucap dia.

Sementara itu, berdasarkan pantauan Okezone di Jalur Pantura Cirebon, memasuki H-1 lebaran, masih banyak ditemukan kendaraan berplat nomor luar daerah yang melintas di Jalur Pantura Cirebon. Ketika diberhentikan oleh petugas chek point, rata-rata kendaraan tersebut terindikasi akan melakukan mudik.

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini