nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

2 Tenaga Medis RSPAD Gugur Akibat Covid-19, KSAD: Semoga Ini yang Terakhir

Puteranegara Batubara, Jurnalis · Sabtu 23 Mei 2020 15:04 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 05 23 337 2218569 2-tenaga-medis-rspad-gugur-akibat-covid-19-ksad-semoga-ini-yang-terakhir-RvF41E03TD.jpg KSAD Jenderal Andika Perkasa. (Foto : Koran Sindo/Eko Purwanto)

JAKARTA – Dua tenaga medis gugur saat menangani pasien virus corona (Covid-19) di RSPAD. Kedua korban yang gugur adalah Sugiarto dan Novera.

Terkait hal ini, Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa, berharap, ke depannya tidak ada lagi petugas kesehatan RSPAD yang menjadi korban akibat berjuang melawan virus corona tersebut. Sebab itu, menurutnya perlu diperhatikan bagaimana menjaga imunitas dari para tenaga medis yang bertugas.

"Penanganan peningkatan daya tahan tubuh tenaga medis harus diperhatikan agar tidak ada korban lagi. Semoga kejadian ini yang terakhir," kata Andika dalam keterangan tertulisnya, Jakarta, Sabtu (23/5/2020).

Andika menekankan, kedua tenaga medis tersebut telah membuktikan perjuangannya untuk bangsa Indonesia. Pasalnya, kata Andika, negara dan TNI AD bangga memiliki sosok kedua orang tersebut.

"Mereka telah membuktikan pengabdiannya sampai dengam yang paling berharga, yakni nyawa mereka. Kami Angkatan Darat dan bangsa Indonesia bangga memiliki Sugiarto dan Novera," tutur Andika.


Baca Juga : Pasien Covid-19 di Jakarta Hari Ini: 6.443 Positif, 1.587 Sembuh & 504 Meninggal Dunia

Andika Perkasa pun bertemu pihak keluarga tenaga medis yang meninggal dunia saat tugas penanganan pandemi Covid-19 di RSPAD. Menurut Andika, pihak keluarga yang ditinggalkan korban tersebut harus tetap semangat melanjutkan hidupnya. Dalam hal ini, Andika memberikan perhatian kepada anak dari Sugiarto untuk memilih bergabung ke dalam TNI AD sekaligus mewujudkan cita-citanya bekerja sebagai farmasi.

"Tidak ada kekurangan dari Sugiarto dan Novera, justru mereka telah memberikan yang terbaik kepada TNI AD dan masyarakat Indonesia yang terkena musibah virus corona," ujar Andika.

Dalam hal ini keluarga mendapat santunan dari Asabri, Tabungan Wajib Perumahan Angkatan Darat (TPW AD) karena terdaftar sebagai nasabah dan santunan perawatan jenazah dari Kas Gartap.

Untuk Novera akan mendapatkan santunan senilai Rp304.465.000 sedangkan Sugiarto sebesar Rp347.009.000. Penyerahan itu langsung diterima keluarga. Mereka pun menyampaikan ucapan syukur dan terima kasih sembari menahan sedih.


Baca Juga : Hilangkan Jenuh, Para Relawan dan Petugas RSD Wisma Atlet Bermain Skuter Listrik

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini