Lawan Covid-19, Sandiaga Uno Ajak Masyarakat Ikut Lelang Brand Lokal

Tim Okezone, Okezone · Rabu 20 Mei 2020 17:42 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 20 337 2217186 lawan-covid-19-sandiaga-uno-ajak-masyarakat-ikut-lelang-brand-lokal-5FSNo3b4Bd.jpg Sandiaga Uno (Istimewa)

JAKARTA - Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) 2020, pengusaha Sandiaga Salahuddin Uno mengajak masyarakat saling membantu melawan virus corona atau Covid-19.

Kali ini, dirinya menggandeng sejumlah pengusaha lokal di antaranya Ultimate U, SAGE, NIION, TanaAir, BHS, Amble, STAYCOOL untuk menggelar lelang Donasi di laman Instagram @Ultimateu_ID yang dilakukan hari ini.

Selanjutnya, seluruh hasil lelang tersebut katanya akan diserahkan kepada gugus tugas relawan untuk kemudian didonasikan seluruhnya kepada masyarakat yang terdampak Covid-19.

"Terima kasih telah menjadi bagian perjuangan Brand lokal Indonesia, semoga ini menjadi kebangkitan Brand lokal Indonesia," ungkap Sandi dalam story Instagram @ultimateu_ID, Rabu (20/5/2020).

"Saya mengajak kita semua bersama-sama mendukung Brand lokal dengan mengikuti lelang online yang hasilnya akan disumbang kepada mereka yang terdampak covid-19," ujar pengusaha yang pernah menjadi wakil gubernur DKI Jakarta.

 Ilustrasi

Dalam lelang tersebut, acara diawali dengan sesi Online bertajuk 'Semangat Kebangkitan Brand Lokal' pagi ini yang di-relay langsung dari Instagram @ultimateu_ID dan @RumahSiapKerja.

Selain itu disiarkan serentak diseluruh kanal Instagram Live brand lokal. Acara dimulai dengan melakukan diskusi santai antara Sandiaga Uno dan para pebisnis muda Brand lokal tanah air. Mereka berbagi mengenai strategi bertahan dalam menghadapi situasi pandemi covid-19 saat ini.

Sandi mengungkapkan, para pengusaha muda tidak boleh gentar dengan memburuknya iklim ekonomi saat ini. Mereka katanya harus dapat melihat peluang di tengah keterbatasan.

"Pasar saat ini mungkin meredup, karena banyak perusahaan merumahkan karyawannya-PHK, akibatnya daya beli menurun. Tapi percayalah badai pasti akan berlalu, bisnis di masa depan masih terbuka," ungkap Sandi.

"Setiap ujian adalah momen untuk belajar, koreksi, berubah, naik kelas, tunjukkan kelas UMKM yang lebih baik," ujarnya bersemangat.

 Ilustrasi

Dalam kesempatan yang sama, Dr Tirta yang didaulat sebagai Moderator acara juga menyampaikan pentingnya kebersamaan, kolaborasi dan gotong royong sesama pelaku bisnis dalam menghadapi situasi saat ini.

"Di masa pandemi ini, kolaborasi sangat diperlukan untuk menjaga dan meningkatkan brand equity, saling support di skena lokal adalah pilihan terbaik di masa pandemi," ungkap Dr Tirta.

"Dibandingkan saling bersaing dan perang harga untuk bertahan," tambahnya.

Kolaborasi tersebut dibuktikannya lewat kerjasama dengan band rock The Panturas pada awal Mei 2020 lalu.

Dirinya membuat sepatu edisi spesial yang terjual sebanyak 1000 pasang hanya dalam waktu dua hari. "Awal bulan Mei kemarin kami berkolaborasi dengan skena musik yang juga terdampak pandemi, karena hilangnya event live show," ungkapnya Dr Tirta.

"Rencananya dalam waktu dekat kami akan kolaborasi bersama brand lokal dan forum lokal. Bersama saling support selama masa pandemi," jelasnya.

Sementara itu, Agit Bambang selaku pemilik brand sepatu Amble menceritakan kisahnya ketika merintis bisnis sepatunya.

Diungkapkannya, pertama kali diawali dengan kisah sulitnya membeli sepatu semasa kuliah di Bandung. Berbekal sisa uang beasiswa, Agit mengunjungi sentra pembuatan sepatu di Bandung.

Ketika itu, Agit mengaku hanya berniat membeli. Tetapi setelah melihat langsung cara pembuatan sepatu, dirinya malah tertarik bergelut dalam bisnis sepatu yang dinamakannya Amble.

"Saat pandemi ini yang harus dilakukan adalah jaga cashflow, efisiensi biaya, kelola SDM sebaik mungkin, tetap berinovasi dan beradaptasi serta fokus pada kualitas produk dan digital activity," jelasnya.

"Hal ini menjadi cerita unik yang memberi pelajaran untuk memiliki ketangguhan dan keyakinan bagi seorang pebisnis dalam menjalankan bisnisnya," tambahnya dr Tirta.

Mengulang kembali imbauan Sandi, Dr Tirta kembali mengajak masyarakat untuk berpartisipasi dalam Gerakan Donasi bersama Brand Lokal terbaik Indonesia.

Caranya dengan mengunjungi Laman instagram @UltimateU_ID, lakukan bidding pada kolom komentar pada Posting 'Auction for Donation'.

"Donasi ini dibuka hingga pukul 18.00 hari ini, 20 Mei 2020 dan disalurkan dalam bentuk Sembako melalui Gugas Covid-19," ungkap Dr Tirta.

"Maju terus brand lokal Indonesia!" tutupnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini