Harkitnas 2020, Menkominfo Ajak Kolaborasi Putuskan Mata Rantai Penyebaran Corona

Puteranegara Batubara, Okezone · Rabu 20 Mei 2020 10:03 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 20 337 2216869 harkitnas-2020-menkominfo-ajak-kolaborasi-putuskan-mata-rantai-penyebaran-corona-HIoSYBXYkF.jpg Menkominfo Johnny G Plate (Kemenkominfo)

JAKARTA - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menggelar upacara memperingati Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) 2020. Ucapara digelar secara streaming lantaran pandemi Covid-19 atau virus corona, Rabu (20/5/2020).

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate selaku inspektur upacara mengajak masyarakat menjadikan momentum Harkitnas untuk merefleksikan bersama dalam usaha memutus mata rantai Covid-19.

"Kita semua dipanggil untuk sama-sama berkolaborasi memutus rantai virus corona. Sekaligus berupaya untuk tidak terdampak ekonomi dan sosial," kata Johnny dalam amanatnya.

Johnny mengungkapkan, pemerintah terus berusaha menyiapkan langkah untuk memastikan memenuhi kebutuhan dasar dari seluruh masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19.

 Ilustrasi

"Pada saat yamg sama pemerintah dalam soliditas tim kerja sedang, akan dan pasti, menyiapkan langkah memastikan bahwa kebutuhan dasar masyarakat dapat dipenuhi," ujar Johnny.

Selain itu, kata Johnny, pemerintah juga terus menggaungkan standar protokol kesehatan untuk penanganan dan pencegahan virus corona. Kemudian juga, melakukan upaya penguatan ekonomi bagi warga di tengah pandemi Covid-19.

"Kepentingan ekonomi, lapangan kerja tetap terjaga," ucap Johnny.

Menurut Johmny, Kebangkitan Nasional yang diperingati bukan hanya rutin tanpa makna. Tetapi, setiap peringatan mengandung nilai afektif dan edukatif yang bisa jadi teladan generasi kini dan masa depan.

Sebab itu, Johnny berpandangan bahwa, peringatan Harkitnas saat ini adalah titik awal bangun kesadaran untuk bergerak menghadapi segala permasalahan yang dihadapi bangsa ini.

"Harkitnas 2020 di peringati suasana berbeda ketika berada di pandemi corona situasi ini tak hanya di Indonesia tapi bagi masyarakat bangsa di seluruh dunia. Harkitnas hari ini telah lewati perjalanan sejarah dan momentum perherakan nasional yang panjang. Itu telah mendorong perjuangan raih perubahan besar dari perjuangan tidak terorganisir jd teroganisir. Perjuangan bersifat nasional, inilah yang wujudkan Bangsa Indonesia memiliki kehormatan akan kemerdekaannya sendiri," tutup Johnny.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini