Pemerintah Pastikan Tak Ada Relaksasi PSBB & Fokus Protokol Kesehatan

Puteranegara Batubara, Okezone · Selasa 19 Mei 2020 20:21 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 19 337 2216672 pemerintah-pastikan-tak-ada-relaksasi-psbb-fokus-protokol-kesehatan-8t6SZCgRdV.jpg Achmad Yurianto (Foto : Okezone.com)

JAKARTA - Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto memastikan bahwa sampai saat ini tidak ada wacana relaksasi ataupun pelonggaran pelaksanaan pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

Yurianto mengungkapkan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah memerintahkan seluruh jajaran Gugus Tugas Percepatan Covid-19 untuk tetap fokus pada pelaksanaan protokol kesehatan, dan juga penerapan PSBB.

“Bahkan presiden sudah memerintahkan ke seluruh Gugus Tugas, baik di pusat sampai ke daerah, bahkan sampai ke Gugus Tugas tingkat RT/RW agar fokus pada pelaksanaan protokol kesehatan, agar fokus pelaksanaan PSBB,” kata Yurianto dalam jumpa pers live streaming di Gedung Graha BNPB Jakarta, Selasa (19/5/2020).

Pelaksanaan kebijakan yang telah diatur oleh pemerintah, kata Yurianto, dapat segera memutus mata rantai penyebaran virus corona hingga menekan laju penambahan kasus baru setiap harinya.

“Kalau ini dijalankan, kita meyakini pertambahan kasus baru tidak akan semakin eksponensial, tidak akan semakin banyak,” ujar Yurianto.

Baca Juga : Massa Pendukung dan Murid Habib Bahar Datangi Lapas Gunung Sindur

Yurianto menyebut, dengan menurunnya jumlah kasus baru corona, maka nanntinya pemerintah akan mengendalikan penyebaran virus tersebut secara perlahan.

“Pelan-pelan akan bisa kami kendalikan sampai pada suatu saat bisa kita turunkan. Kalau ini bisa kita jalankan, akan juga menurunkan angka kematian,” tutup Yurianto.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini