KPK Fasilitasi Kejagung Periksa Eks Aspri Imam Nahrawi

Arie Dwi Satrio, Okezone · Selasa 19 Mei 2020 16:45 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 19 337 2216592 kpk-fasilitasi-kejagung-periksa-eks-aspri-imam-nahrawi-g9kSjXJSdu.jpg foto: Okezone

JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memfasilitasi Kejaksaan Agung (Kejagung) untuk melakukan pemeriksaan terhadap Miftahul Ulum selaku mantan Asisten Pribadi (Aspri) Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi. KPK menyediakan ruang di Gedung Merah Putih untuk Kejagung memeriksa Ulum.

Sedianya, Ulum diperiksa sebagai saksi terkait kasus dugaan tipikor dana hibah untuk Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) tahun 2017 yang ditangani oleh Kejagung. Pemeriksaan Ulum oleh Kejagung sudah melalui izin Majelis Hakim Pengadilan Tipikor Jakarta Pusat.

"Berdasarkan Informasi yang kami terima, atas seijin Majelis Hakim, Miftahul Ulum hari ini diperiksa oleh tim penyidik dari Kejaksaan Agung. Sebagai bentuk Koordinasi antar Apgakum, KPK melalui Korsupdak fasilitasi tempat pemeriksaan," kata Plt Jubir KPK, Ali Fikri melalui pesan singkatnya, Selasa (19/5/2020).

Belum diketahui apa yang digali penyidik dari Kejagung terhadap Ulum. Ali enggan membeberkan materi pemeriksaan terhadap Ulum. Sebab, kata Ali, proses penanganan perkara ini ada di dalam kewenangan Kejagung.

"Mengenai materi periksaan yang berdangkutan, KPK tidak bisa menyampaikan karena hal tersebut tentu menjadi ranah dari tim Kejaksaan Agung," pungkasnya.

Sekadar informasi, Ulum merupakan terdakwa kasus dugaan suap percepatan pengurusan proses persetujuan dan pencairan bantuan dana hibah KONI yang ditangani KPK. Dalam perkaranya, ia didakwa menerima suap sebesar Rp11,5 miliar bersama Imam Nahrawi terkait dana hibah tersebut.

Selain itu, Ulum juga didakwa menerima gratifikasi bersama Imam Nahrawi berupa uang sebesar Rp8,6 miliar. Uang itu diterima Ulum saat Imam menjabat sebagai Menpora dalam rentang waktu 2014 hingga 2019.

(fmi)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini