Mahfud MD: Larangan Mudik Tidak Akan Dicabut!

Fahreza Rizky, Okezone · Selasa 19 Mei 2020 13:13 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 19 337 2216427 mahfud-md-larangan-mudik-tidak-akan-dicabut-iWgV0J904a.jpg Mahfud MD. (Foto: Okezone.com/Fakhrizal Fakhri)

JAKARTA – Menko Polhukam Mahfud MD menegaskan larangan mudik Lebaran Idul Fitri 1441 Hijriah tetap dilarang. Aturan tersebut tetap berlaku dan tak akan dicabut sampai waktu yang belum ditentukan.

“Larangan mudik tetap berlaku sampai saat ini dan tidak akan dicabut sampai waktu yang akan ditentukan kemudian,” kata Mahfud usai Rapat Terbatas “Persiapan Idulfitri 1441 H” melalui telekonferensi, Selasa (19/5/2020).

Oleh karena itulah, Mahfud meminta Polri, TNI, pemerintah daerah dan Forkompinda mengawal larangan mudik ini. Setiap pintu masuk dan keluar daerah harus dijaga ketat untuk menghindari adanya pemudik yang nekat.

Baca juga: Presiden Jokowi Tegaskan Pemerintah Tak Melarang Masyarakat Beribadah

“Pemeriksaan di pintu-pintu keluar atau pintu masuk di jalan-jalan tikus atau di kendaraan-kendaraan besar yang menjadi tempat orang bersembunyi untuk mudik itu, supaya dilakukan secara ketat,” ucapnya.

Mahfud MD.

Selain itu, Mahfud mengingatkan petugas untuk tetap waspada. Pasalnya, pemudik akan memanfaatkan kelengahan petugas, misalnya di malam hari.

“Waktu-waktu yang biasanya dianggap petugasnya lengah, misalnya di tengah malam itu biasanya orang menganggap petugas ngantuk, petugas tidak ada, lalu nerobos begitu saja,” ujarnya.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini