nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Begini Kronologi Penangkapan Habib Bahar

Abu Sahma Pane, Jurnalis · Selasa 19 Mei 2020 10:50 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 05 19 337 2216338 begini-kronologi-penangkapan-habib-bahar-xKGNXOK0tX.jpg Habib Bahar. Foto: Okezone

JAKARTA – Terpidana kasus penganiayaan terhadap anak, Habib Assayid Bahar Bin Smith alias Habib Bahar Bin Ali Bin Smith dicabut asimilasinya pada Selasa (19/5/2020). Akibatnya ia ditahan kembali dan dijebloskan ke Lapas Khusus Gunung Sindur.

Berdasarkan keterangan tertulis Direktur Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham), Reynhard Silitonga, kronologi penangkapan Habib Bahar bermula dari hasil pengawasan yang menunjukkan yang bersangkutan melanggar ketentuan asimilasi.

(Baca Juga: Sempat Nego, Ini Fakta-Fakta Habib Bahar Kembali Ditangkap Polisi)

Kemudian dini hari tadi sekira pukul 01.45 WIB, Tim Gabungan yang terdiri petugas Direktorat Kamtib DitjenPAS, Kanwil Jawa Barat, Lapas Kelas IIA Cibinong, Bapas Bogor, dan polisi dari Satbrimobda Polda Jawa Barat, Resmob Polres Bogor, Sabhara Polres Bogor, bergerak menuju kediaman Habib Bahar.

“Pada pukul 02.00 WIB Tim Gabungan tiba di kediaman Habib Bahar, lalu Kepala Lapas Kelas IIA Cibinong membacakan SK Pencabutan asimilasi,” tutur Reynhard.

Baca Juga: Ini Daftar Pelanggaran Habib Bahar yang Membuatnya Ditangkap Kembali

Selanjutnya Kasat Reskrim Bogor melakukan eksekusi, membawa Habib Bahar ke Lapas Kelas IIA Gunung Sindur.

Pukul 03.15 WIB Habib Bahar tiba di Lapas Kelas IIA Gunung Sindur kemudian dilakukan pemeriksaan kesehatan, termasuk Rapid Test Covid-19.

Selain itu juga dilakukan penggeledahan badan dan barang dan ditempatkan di one man on cell (straf cell) di Blok A (Antasena) kamar 9.

Sementara pengacara Habib Bahar, Habib Novel Bamukmin menilai tuduhan pelanggaran asimilasi kepada kliennya tidak mendasar. Ia menganggap tidak ada pelanggaran yang dilakukan oleh kliennya tersebut. "Saya melihat ini tidak mendasar, karena apa yang beliau langgar?" ucapnya kepada Okezone, Selasa (19/5/2020).

Baca Juga: Habib Bahar Ditangkap Setelah 3 Hari Bebas, Ini Reaksi Kuasa Hukum

Habib Novel curiga penangkapan terhadap Habib Bahar lebih karena kepentingan politik. "Ini hanya diduga ada kepentingan politik," ucapnya. (abp)

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini