5 Kasus Pasien Corona Kabur saat Dikarantina

Muhamad Rizky, Okezone · Minggu 17 Mei 2020 08:04 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 17 337 2215297 5-kasus-pasien-corona-kabur-saat-dikarantina-IrnIWuuNUP.jpg (Foto: iNews TV)

JAKARTA - Sejumlah pasien virus Covid-19 enggan dikarantina. Di antara mereka banyak yang menolak, bahkan berusaha kabur dari rumah sakit, maupun saat hendak dibawa dari rumah oleh petugas kesehatan. 

1. Menolak Dikarantina Pria di Tasikmalaya Kejar Warga

Seorang pria berinisial AR sempat menolak petugas kesehatan yang menjemputnya untuk dilakukan karantina usai dinyatakan positif virus Covid-19. 

Saat dilakukan penjemputan di Kecamatan Tawang, Tasikmalaya, Jawa Barat, AR menolak. Dia lantas mengamuk dan berusaha memeluk warga sambil berteriak "ODP kamu".

Namun setelah petugas memberi pengertian, AR akhirnya ia mau untuk melakukan isolasi di rumah sakit.

2. Pasien Corona di NTB Kabur dari Jendela Rumah Sakit

Seorang pasien positif virus corona kabur dari ruang isolasi RSUD Praya, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. 

Pasien berinisial LS (50) itu kabur dengan cara memanjat jendela rumah sakit, pada Selasa 28 April 2020) malam. Pasien dengan nomor kasus 223 itu diketahui tidak sudah tidak berada tempat selepas salat isya. Aksinya melarikan diri itu terekam kamera CCTV. 

Baca juga: Lewat Jendela, Pasien Positif Corona Kabur dari RS di NTB

Direktur RSUD Praya, Muzakir Langkir mengatakan, pasien yang kabur itu merupakan salah satu jamaah tabligh klaster Gowa, Makassar. Ia baru masuk ruang isolasi pada Selasa sore, kemudian kabur pada malam harinya,

Mengetahui kejadian itu, kata dia, petugas rumah sakit langsung mencari keberadaan pasien. Dari penelusuran akhirnya pasien itu ditemukan sedang bersembunyi di sekitar area persawahan kawasan Bandara Internasional Lombok.

“Tadi pagi, pasien sudah kembali dibawa ke ruang isolasi dengan penjagaan lebih ketat,” katanya. 

3. Pasien di Bukittinggi Kabur saat Dirujuk ke Rumah Sakit

Satu pasien di Bukittinggi, Sumatera Barat kabur saat dirujuk ke Rumah Sakit Ahmad Mochtar, Bukittinggi. Pasien itu kabur saat dibawa dari salah rumah sakit di daerah itu. 

Ilustrasi. (Foto: Okezone.com)

4. Pasien Corona di RSUP Persahabatan Kabur

Seorang pasien yang sudah dinyatakan positif terinfeksi virus korona atau Covid-19 kabur dari Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Persahabatan, Jakarta Timur.

Juru bicara pemerintah khusus penanganan virus korona Achmad Yurianto mengatakan, pasien yang berjenis kelamin perempuan itu berhasil dibawa kembali ke rumah sakit setelah dijemput oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Pemprov DKI Jakarta.

Yuri menyampaikan, pasien tersebut kembali ke rumah lantaran belum mengetahui hasil medis apakah dirinya positif Covid-19.

Menurut dia, setelah dinyatakan positif terinfeksi virus korona dirinya langsung bersedia diisolasi kembali ke RSUP Persahabatan.

5. Pasien Corona di RS Kudus Semarang Kabur

Pasien corona kabur saat akan dirujuk ke Rumah Sakit Daerah (RSUD) dr Loekmonohadi Kabupaten Kudus. Namun, pasien yang sempat menolak dirujuk itu sudah kembali ke RSUD Loekmonohadi Kudus.

Selain menderita gejala klinis berupa panas dan batuk, pasien tersebut yang punya riwayat pergi keluar negeri yakni umrah selama dua pekan. Kemudian, dia memeriksakan diri ke RS Mardi Rahayu Kudus pada Minggu 15 Maret.

Melihat gejala dan riwayat perjalanan pasien, petugas medis hendak merujuknya ke RSUD Loekmonohadi Kudus sebagai rumah sakt rujukan pasien corona. Namun, pasien tersebut memaksa meninggalkan IGD RS Mardi Rahayu.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini