Peristiwa 17 Mei: Bursa Efek New York Didirikan hingga Meninggalnya Sopan Shopiaan

Muhamad Rizky, Okezone · Minggu 17 Mei 2020 07:30 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 17 337 2215294 peristiwa-17-mei-bursa-efek-new-york-didirikan-hingga-meninggalnya-sopan-shopiaan-7MMtPil56c.png (Foto: Reuters)

SEJUMLAH peristiwa bersejarah pernah terjadi pada 17 Mei, seperti Proklamasi Kalimantan hingga berdirinya Bursa Efek New York, sebagaimana dirangkum Okezone dari berbagai sumber:

1792 - Bursa Efek New York Didirikan

New York Stock Exchange (NYSE) didirikan pada 17 Mei 1792. Perusahaan ini merupakan salah satu bursa saham terbesar di dunia. Lebih 2 ribu perusahaan mencatatkan sahamnya di NYSE.

NYSE dioperasikan oleh NYSE Euronext yang dibentuk oleh penggabungan NYSE pada tahun 2007 dengan bursa saham elektronik sepenuhnya Euronext. Lantai perdagangan NYSE terletak di 11 Wall Street dan terdiri dari empat kamar yang digunakan untuk fasilitasi perdagangan. 

1949 - Proklamasi Kalimantan 

17 Mei 1949 dikenal sebagai Hari Proklamasi Kalimantan yang mana menyatakan bahwa Kalimantan tak terpisahkan dari Republik Indonesia.

Proklamasi Kalimantan dibacakan oleh Gubernur Tentara Angkatan Laut RI Divisi IV Pertahanan Kalimantan, Letkol Hasan Basry. Proklamasi ini merupakan bentuk reaksi atas Perjanjian Linggarjati.

(Foto: Istimewa)

Pembacaan Proklamasi Kalimantan diwarnai dengan penaikan bendera merah putih lewat upacara dengan Ahmad Kusasi sebagai komandan. Abbas Basri dan Kardi bertindak sebagai penggerek bendera. 

1950 - Berdirinya IKAPI 

Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI) didirikan pada 17 Mei 1950 lewat prakarsa dan kesepakatan beberapa penerbit nasional. Pendirian IKAPI bagian dari perlawanan terhadap penerbit asing khususnya milik pemerintah Hindia Belanda yang memonopoli penerbitan buku di Tanah Air. 

IKAPI juga dibentuk atas hasrat para penerbit nasional untuk membantu pemerintah dalam membangun masyarakat Indonesia yang cerdas.

IKAPI Pusat berkedudukan di Jakarta. Organisasi ini sudah memiliki 12 kantor daerah masing-masing di DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Timur, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Sumatera Selatan, Bali, Sulawesi Selatan, serta tiga kantor perwakilan di Kalimantan Barat, Aceh dan Sulawesi Tengah.

2008 - Sopan Sophiaan Meninggal Dunia

Sopan Shopiaan dan Widyawati.

Aktor, sutradara dan politikus Sophan Sophiaan meninggal dunia pada 17 Mei 2008, usai kecelakaan di kawasan hutan Widodaren perbatasan Ngawi, Jawa Timur dan Sragen, Jawa Tengah.

Saat itu Sophan Sophiaan touring keliling Pulau Jawa dengan motor gede yang digagasnya. Dalam perjalanan ia terjatuh dari Herley Davidson yang ditungganginya di kawasan hutan Widodaren lalu meninggal dunia.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini