Gugus Tugas Tegaskan Calon Penumpang Pesawat Wajib Patuhi Aturan PSBB

Puteranegara Batubara, Okezone · Kamis 14 Mei 2020 15:27 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 14 337 2214105 gugus-tugas-tegaskan-calon-penumpang-pesawat-wajib-patuhi-aturan-psbb-O1G7F0dt2L.jpg Penumpukan penumpang di Bandara Soekarno-Hatta (Foto: @adriansyahyasin)

JAKARTA – Antrean padat terjadi di terminal Bandar Udara (Bandara) Soekarno-Hatta, Tangerang, pada Kamis pagi (14/5/2020). Menyikapi situasi tersebut, pihak Angkasa Pura II mengimbau para calon penumpang tiba di bandara 3 – 4 jam sebelum keberangkatan, disertai dokumen yang dipersyaratkan di masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

Siaran pers yang disampaikan Tim Komunikasi Publik Gugus Tugas Nasional, disebutkan bahwa Gugus Tugas Nasional telah melakukan koordinasi terus menerus kepada otoritas bandara terkait dengan pengendalian penumpang. Koordinasi tersebut bertujuan untuk mengoptimalkan aspek perlindungan dan keselamatan pengguna pelayanan jasa udara maupun semua pihak yang terkait operasional bandara.

Di samping itu, jaga jarak antar penumpang perlu diperhatikan oleh setiap individu apabila di ruang publik. Gugus Tugas Nasional menekankan pada protokol kesehatan dalam pelayanan publik.

Penumpukan penumpang Foto @adriyansyahyasin

Gugus Tugas mengharapkan para calon penumpang transportasi publik untuk secara mandiri berdisiplin apabila berada di ruang publik, seperti menerapkan jaga jarak atau physical distancing dan penggunaan masker. Gugus Tugas berpesan upaya percepatan penanganan Covid-19 perlu dilakukan dengan disiplin tinggi dan sinergi setiap warga masyarakat.

Baca Juga: Penjelasan AP II Terkait Penumpukan Penumpang di Terminal 2 Bandara Soetta

Pascaperistiwa tadi pagi, otoritas Angkasa Pura (AP) II segera melakukan koordinasi yang melibatkan multipihak yang tergabung dalam satuan tugas bandara dan operator maskapai penerbangan. Salah satu poin yang dihasilkan pada koordinasi tersebut yakni imbauan kepada para calon penumpang pesawat untuk tiba 3 – 4 di bandara sebelum keberangkatan pada situasi PSBB ini.

Hasil koordinasi oleh pihak otoritas bandara menyebutkan bahwa maskapai penerbangan akan ditegur apabila melakukan penjualan tiket melalui online. Pengendalian jam penerbangan diterapkan untuk menghindari penumpukan melalui pembatasan pergerakan per jam. Pihak otoritas bandara juga akan menurunkan satuan tugas untuk memperketat pengawasan di lapangan, seperti penerapan physical maupun social distancing, serta penggunaan masker.

Di samping itu, pihak penyedia layanan penerbangan harus mematuhi ketentuan bahwa penjualan tiket penumpang dengan persentase 50% dari kapasitas jumlah kursi penumpang di pesawat. Selanjutnya, pihak AP II akan membuat penunjuk arah atau penanda menuju Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) di bandara.

Baca Juga: Langgar Social Distancing, Antrean Mengular di Terminal 2 Bandara Soetta

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini