Pandemi Corona, Jokowi: Kesabaran Titik Tolak Kesembuhan

Fahreza Rizky, Okezone · Kamis 14 Mei 2020 10:19 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 14 337 2213861 pandemi-corona-jokowi-kesabaran-titik-tolak-kesembuhan-nK5xbuoaEq.JPG Presiden Joko Widodo (Foto: Youtube/Kemenag RI)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengikuti acara Doa Kebangsaan dan Kemanusiaan yang diselenggarakan Kementerian Agama (Kemenag) dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Kamis (14/5/2020). Kegiatan tersebut digelar secara virtual karena adanya pandemi corona.

Jokowi mengatakan, umat beragama harus berusaha secara lahiriyah dan batiniyah untuk melawan Covid-19. Oleh sebab itu, ia mengajak masyarakat berdoa kepada Tuhan agar segera terbebas dari pandemi ini.

Baca juga: Jokowi: Hidupkan Optimisme, Bangkitkan Empati & Tumbuhkan Solidaritas Sosial

"Selain berikhtiar dengan berbagai usaha lahiriyah, kita juga wajib melakukan ikhtiar batiniyah dengan tidak henti-hentinya memanjatkan doa memohon pertolongan Allah SWT agar rakyat, agar bangsa, juga dunia segera terbebas dari pandemi ini," ucapnya.

Ilustrasi

Jokowi mengajak rakyat menundukkan kepala, merendahkan hati, dan memohon kepada Tuhan Yang Maha Esa agar musibah ini bisa segera terlewati dengan baik. Ia juga meminta masyarakat bersabar dan tetap optimis dalam menghadapi cobaan ini.

"Mari kita hadapi cobaan ini dengan tenang dan sabar, kepanikan adalah separuh penyakit, ketenangan adalah separuh obat, dan kesabaran adalah titik tolak kesembuhan," tutur dia.

"Terakhir saya mengajak seluruh rakyat Indonesia untuk menghilangkan rasa cemas, menjauhkan diri dari ketakutan yang berlebihan, hidupkan optimisme, bangkitkan empati, tumbuhkan solidaritas sosial," tutupnya.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini