Gugus Tugas: Jika PSBB Berjalan Baik, Covid-19 Diprediksi Menurun Juni

Harits Tryan Akhmad, Okezone · Rabu 13 Mei 2020 11:52 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 13 337 2213338 gugus-tugas-jika-psbb-berjalan-baik-covid-19-diprediksi-menurun-juni-ryRZI9Cqxp.jpg Ilustrasi

JAKARTA - Kepala Pusat Pengendalian Operasional Badan Nasional Penganggulangan Bencana (BNPB) sekaligus tim Gugus Tugas Covid-19, Bambang Surya Putra menuturkan, apabila pembatasan sosial bersekala besar (PSBB) di beberapa wilayah dapat berjalan dengan baik dan benar maka diprediksi pada bulan Juni angka penambahan kasus virus corona atau Covid-19 akan menurun.

"Ini kalau dari berbagai permodelan dari University of Singapore, WHO atau sebagainya itu boleh jadi diprediksikan kalau kita bisa mempertahankan PSBB ini dengan baik, Juni atau awal Juni sudah mulai menurun ya. Untuk kemudian kita bisa mulai membuka karena aktivitas ekonomi," kata Bambang di gedung BNPB, Rabu (13/5/2020).

Hanya saja jika posisi penerapan PSBB di sejumlah wilayah tidak berjalan secara baik dan maksimal, maka dia khawatir bakal berjalan kontraproduktif.

Apalagi, lanjut dia, masyarakat terlihat sudah mulai bosan sehingga keluar rumah dan mulai meremehkan pandemi Covid-19. Padahal itu sangat mempengaruhi angka penambahan kasus baru.

"Kalau di daerah atau di dalam pelaksanaan PSBB ini kendor tentunya bisa terjadi kontraproduktif dengan apa yang kita harapkan," tuturnya.

Maka dari itu, Bambang mengharapkan kesadaran masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan dan bersama sama melaksanakam aturan yang sudah dibuat.

"Nah ini harus kita sadar kan kepada semua masyarakat supaya protokol kesehatan akan terus kita laksanakan bersama sama sampai betul-betul menyatakan bahwa Indonesia sudah bebas dari korona ataupun ditemukan vaksinnya,"tandasnya.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini