KPK: Kami Tak Peroleh Informasi Harun Masiku Meninggal

Arie Dwi Satrio, Okezone · Rabu 13 Mei 2020 07:15 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 05 13 337 2213173 kpk-kami-tak-peroleh-informasi-harun-masiku-meninggal-UnlXcMZ07X.jpg Ali Fikri (Okezone.com)

JAKARTA – Bekas caleg PDI Perjuangan Harun Masiku alias Har sempat diisukan sudah mati terbunuh agar tak buka suara terkait kasus korupsi yang menjeratnya. Tapi, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menepis informasi tersebut.

"Sejauh ini KPK tidak memperoleh informasi dan bukti yang valid bahwa tersangka Har telah meninggal," ujar Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri kepada Okezone, Rabu (12/5/2020).

Koordinator Masyarakat Anti-Korupsi (MAKI), Boyamin Saiman sebelumnya menduga bahwa Harun Masiku telah meninggal dunia karena tidak diperoleh kabar sama sekali.

Menurut Ali Fikri, proses penyidikan terhadap Harun Masiku masih terus berjalan meski dia masih buron. KPK menegaskan masih memburu tersangka kasus suap pengurusan proses Pergantian Antar Waktu (PAW) anggota DPR RI dari PDIP itu.

"KPK berkoordinasi dengan Polri, saat ini masih terus mencari keberadaan DPO tersebut," pungkasnya.

 Ilustrasi

Sebelumnya, Boyamin sempat menduga bahwa Harun Masiku telah meninggal dunia. Sebab, ia mengaku kerap menerima informasi soal buronan kasus pengurusan perkara di Mahkamag Agung (MA), Nurhadi Cs, namun nihil untuk Harun Masiku.

"Dasar saya untuk kasus Nurhadi, hampir tiap minggu datang informan menemui saya dengan informasi-informasi baru. Loh Harun Masiku tidak ada kabar apapun sehingga saya yakin sudah meninggal," kata Boyamin.

Harun Masiku lolos dari operasi tangkap tangan (OTT) KPK, pada Januari 2020. Dia sempat dikabarkan berada di luar negeri, tapi belakangan Imigrasi menyatakan kalau Harun sudah kembali ke Indonesia sehari sebelum OTT berlangsung.

KPK sudah memasukkan Harun Masiku ke dalam daftar pencarian orang (DPO) dan dicegah ke luar negeri.

(sal)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini