Presiden Jokowi & Wapres Ma'ruf Amin Bayar Zakat Online ke Baznas

Fahreza Rizky, Okezone · Selasa 12 Mei 2020 14:46 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 12 337 2212939 presiden-jokowi-wapres-ma-ruf-amin-bayar-zakat-online-ke-baznas-bq1ZUP7D0C.jpg Presiden RI, Joko Widodo (foto: Biro Pers Kepresidenan)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin membayar zakat melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas). Kegiatan tersebut dilaksanakan secara online karena adanya pandemi corona atau Covid-19.

Berdasarkan pantauan Okezone, Selasa (12/5/2020), Jokowi melakukan pembayaran zakat secara online dan disaksikan langsung oleh Ketua Baznas Bambang Sudibyo. Begitu juga dengan Ma'ruf Amin. Namun nominal zakat yang diserahkan tidak disebutkan.

"Alhamdulillah pada hari ini saya bersama bapak Wapres dan para menteri bisa melaksanakan kegiatan zakat secara online. Zakat merupakan kewajiban setiap umat Muslim untuk berbagi rezeki dan kebahagian, utamanya dengan para mustahik," ucap Jokowi.

 Baca juga: Hindari Penularan Covid-19, Pembayaran Zakat di Bekasi Bisa via Transfer

Jokowi berharap dana zakat yang dihimpun oleh Baznas dapat membantu mustahik atau penerima zakat yang mengalami kesulitan akibat terdampak virus corona.

"Terakhir, saya mengajak para muzaki, pemberi zakat untuk memberi zakat kepada Baznas supaya lebih aman, teratur dan tepat penyalurannya. Semoga zakat yang kita keluarkan menyempurnakan ibadah puasa kita dan ketaataan kita kepada Allah Ta'ala," tutur Kepala Negara.

"Pada hari ini, Selasa 12 Mei 2020 bertepatan 19 Ramadhan 1441 Hijriah, saya Presiden RI menyerahkan dana zakat sebesar sebagaimana terlampir pada Baznas untuk disalurkan kepada mustahik," ucap Jokowi.

 Baca juga: Fatwa Terbaru MUI Tegaskan Dana Zakat Boleh untuk Tangani Covid-19

Bambang Sudibyo menerima zakat yang diberikan Presiden Jokowi. "Pada hari ini, Selasa 12 Mei 2020 bertepatan 19 Ramadhan 1441 Hijriah, Baznas menerima dana zakat bapak Presiden RI sebesar sebagaimana terlampir untuk dasalurkan kepasa mustahik sesuai syariah dan peraturan perundang-undangan. Semoga Allah Ta'ala memberikan pahala atas apa yang bapak berikan," kata Bambang.

Setelah Presiden Jokowi, giliran Wapres Ma'ruf Amin yang menyerahkan zakat secara online. Prosesi penyerahan zakat sama seperti yang dilakukan Presiden Jokowi dan diterima oleh Ketua Baznas Bambang Sudibyo.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini