Mayoritas Pasien Covid-19 di Indonesia Miliki Gejala Batuk

Arie Dwi Satrio, Okezone · Sabtu 09 Mei 2020 11:34 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 09 337 2211412 mayoritas-pasien-covid-19-di-indonesia-miliki-gejala-batuk-XqYwrmtojq.jpg ilustrasi (stutterstock)

JAKARTA - Ketua Tim Pakar Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Prof Wiku Adisasmito mengungkapkan, mayoritas orang positif terinfeksi virus corona di Indonesia memiliki gejala awal berupa batuk.

"Jadi kalau kita lihat dari gejala positif yang ada ternyata gejala yang paling sering muncul itu adalah batuk. Jadi paling mudah kita lihat dari batuk dan terlihat persentasinya batuk paling tinggi," kata Wiku saat diskusi di Graha BNPB, Jakarta, Sabtu (9/5/2020).

Dijelaskan Wiku, kesimpulan banyaknya penderita Covid-19 diawali dengan gejala batuk merujuk data yang dikumpulkan Gugus Tugas dari seluruh rumah sakit, puskesmas, hingga Dinas Kesehatan di daerah-daerah.

 ilustrasi

"Jadi Covid-19 itu bisa kita lihat gerakannya dari refleksi, dari data yang ada. Di mana, pertama kita bisa lihat dari data yang ada, kita lihat dari gejala positifnya," ujarnya.

Data-data yang dikumpulkan tersebut, kata Wiku, digunakan sebagai bahan untuk menganalisis dalam perang melawan Covid-19, sehingga masyarakat bisa mengetahui dan mengantisipasi Covid-19 secara mandiri.

"Dengan pengumpulan data yang lebih lengkap dari seluruh daerah, dari dinkes, rumah sakit, puskesmas, kalau kita kumpulkan, kita bisa melihat bagaimana sebenernya yang terjadi di Indonesia. Karena data yang ada ini adalah navigasi buat kita bersama, sehingga kita bisa lihat pergerakan lawan kita," ungkapnya.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini