Pangkostrad Luncurkan Buku 'Delapan Kekuatan Cakra Sumber Inspirasi'

Achmad Fardiansyah , Okezone · Jum'at 08 Mei 2020 14:39 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 08 337 2211051 pangkostrad-luncurkan-buku-delapan-kekuatan-cakra-sumber-inspirasi-iYGtAhxzoY.jpg Peluncuran buku karya Pangkostrad Letjen Besar Harto Karyawan (Dispen Kostrad)

JAKARTA - Panglima Komando Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad) Letjen Besar Harto Karyawan meluncurkan buku karyanya berjudul ‘Delapan Kekuatan Cakra Sebagai Sumber Inspirasi, Profesionalisme dan Senjata Pamungkas Prajurit Dharma Putra Kostrad’.

Buku berisi buah pikiran dan renungan dari perjalanan kariernya selama 34 tahun menjadi prajurit TNI diluncurkan di Markas Kostrad, Jalan Medan Merdeka Timur, Gambir, Jakarta Pusat, Jumat (8/5/2020).

"Buku ini merupakan referensi dari sebuah perenungan panjang saya, dalam pengabdian sebagai prajurit TNI selama 34 tahun, di mana 21 tahun berturut-turut menjadi prajurit Dharma Putra Kostrad, dikaitkan dengan berbagai anugerah hikmah yang terselip dalam setiap kejadian sepanjang perjalanan karier, sehingga menghasilkan sebuah karya orisinil yang muncul dari akal sadar dan hati nurani saya yang paling dalam," kata Harto.

 ilustrasi

Lewat buku setebal 232 halaman tersebut, Harto menguraikan sebuah arti kekuatan yang terdapat pada lambang Cakra Kostrad.

"Buku ini diharapkan dapat membimbing dan mengembangkan kekuatan Cakra yang terdapat dalam dirinya sehingga mampu menjadi prajurit sejati, berdisiplin, tangguh, militan dan profesional serta mencintai dan dicintai rakyat dalam menghadapi berbagai dinamika penugasan," ujar dia.

Delapan kekuatan Cakra yang dituangkan dalam buku tersebut adalah Niat yan baik dan tulus, sikap dan perilaku berpenampilan yang berkharisma dalam sikap dan perilaku, pancaran mata yang berkekuatan mampu menaklukan mengayomi, kasih sayang dan melindungi.

Kemudian komunikasi dan mampu berdialog, berdebat dan berdiplomasi, kesiagaan bela diri yang mampu melumpuhkan lawan, daya imajinasi mampu membaca situasi, memprediski dan merencanakan, keputusan terbaik sesuai pikiran, penalaran dan hati nurani dan keyakinan.

"Niat, sikap dan perilaku, pancaran mata, komunikasi, kesiagaan, daya imajinasi, keputusan dan keyakinan," tutupnya.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini