BPIP: Hari Waisak, Mari Ikuti Teladan Keutamaan Dharma

Fahreza Rizky, Okezone · Kamis 07 Mei 2020 10:28 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 07 337 2210441 bpip-hari-waisak-mari-ikuti-teladan-keutamaan-dharma-6NkarpOAAC.jpg Staf Khusus Dewan Pengarah BPIP Romo Benny Susetyo. (Foto: Istimewa)

JAKARTA – Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) mengucapkan selamat hari raya Waisak 2564 BE yang diperingati pada hari ini, Kamis 7 Mei 2020.

Staf Khusus Dewan Pengarah BPIP Romo Benny Susetyo mengatakan hendaknya masyarakat dapat belajar dari keutamaan Dharma yang diajarkan oleh Sidarta Gautama pada perayaan Waisak di tengah pandemi covid-19.

Baca juga: Wabah Covid-19, Umat Buddha di Berbagai Negara Rayakan Waisak via Daring 

"Keutamaan Dharma adalah welas asih dan cinta kasih kepada semua mahluk hidup. Keutamaan Dharma inilah yang diperlukan dalam menghadapi pandemi covid-19," ungkap Romo Benny dalam keterangannya, Kamis (7/5/2020).

Ilustras Waisak. (Foto: Livejournal)

Menurut Romo Benny, semangat welas asih dan cinta kasih yang mendorong sesama anak bangsa dan umat manusia pada umumnya untuk saling membantu serta bergotong royong dalam melewati kesulitan yang terjadi saat ini.

"Dharma dalam bahasa cinta itu memberi dari kekurangan kepada mereka yang lebih membutuhkan. Itulah keteladanan yang bisa kita pelajari dari Sidarta Gautama. Ajaran agar semua manusia bisa berbakti kepada sesama, ini merupakan perwujudan nyata dari solideritas kemanusiaan," tuturnya.

Baca juga: 1.049 Warga Binaan Beragama Buddha Dapat Remisi Khusus Waisak 

Sementara perwujudan Dharma itu memperkuat kesadaran masyarakat sebagai bangsa Indonesia. Wujud nyata dari Dharma ini juga yang memampukan seluruh elemen sebagai suatu bangsa untuk bangkit melawan pandemi covid-19 dan dampak yang ditimbulkannya.

"Semangat Keutamaan Dharma ini menjadi kebajikan dan keutamaan publik atau masyarakat untuk bersatu padu mengatasi pandemi covid-19. Semangat berdharma untuk nusa dan bangsa kita, bersama bergotong royong untuk bergerak bersatu dalam satu kata, yakni mari kita berbagi untuk saudara kita yang terkena dampak pandemi covid-19," pungkasnya.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini