Amien Rais Bakal Bikin Parpol Baru, Persiapan Sudah 70 Persen

Harits Tryan Akhmad, Okezone · Kamis 07 Mei 2020 00:52 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 07 337 2210340 amien-rais-bakal-bikin-parpol-baru-persiapan-sudah-70-persen-yRzRdFHL2Q.jpg Pendiri PAN, Amien Rais (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Hanafi Rais, putra dari pendiri Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais, mundur dari jabatannya sebagai pengurus dan anggota DPR periode 2019-2024.

Politikus senior dan salah satu pendiri PAN, Putra Jaya Husin memprediksi mundurnya Hanafi adalah upaya mempercepat berdirinya partai baru yang akan dibentuk oleh tokoh reformasi tersebut.

Menurutnya, saat ini Amien sedang menggodok untuk mempersiapkan pembentukan partai baru. Persiapannya bahkan disebutkan sudah mencapai 70 persen.

“Ya (persiapan) 70 persen lah. Tapi kemunduran Hanafi ini mempengaruhi percepatan pembentukan partai baru. Jadi jangan dibalik, bukan Hanafi itu bersikap karena ingin membuat partai baru, sikap Hanafi inilah yang mendorong keras kami berpikir untuk mendirikan partai baru,” kata Putra kepada wartawan di Jakarta, Rabu, 6 Mei 2020.

Baca juga: Beredar Surat Pengunduran Diri Hanafi Rais dari PAN

Putra mengatakan, pastinya ada sesuatu yang salah sehingga membuat Hanafi rela melepas jabatannya sebagai Wakil Ketua Umum PAN, ketua fraksi dan anggota DPR dengan suara terbanyak.

Amien Rais

“Pasti ada something wrong, pasti ada masalah besar, kalau hanya masalah kecil mana mungkin Hanafi keluar. Artinya ada yang sangat prinsip yang membuat dia melepaskan semua jabatannya itu,” ujarnya.

Selain itu, menurutnya kondisi PAN saat ini sudah bergeser dari tujuan awal dibuat. Di mana saat itu, partai berlambang matahari terbit ini bertujuan memperjuangkan kepentingan rakyat dan bangsa.

“Partai itu kan dibangun sebetulnya untuk memperjuangkan kepentingan rakyat, kepentingan bangsa, bukan untuk kepentingan sekelompok orang yang ingin mendapatkan manfaat dari pengelolaan sebuah partai. Sekarang saya sendiri sebagai salah satu pendiri masih bertanya tanya apa sih yang dilakukan PAN sekarang untuk bangsa dan negara?,” tandasnya.

Sebagaimana diketahui, putra Amien Rais yakni Hanafi Rais mengundurkan diri dari Partai Amanat Nasional (PAN) dan sebagai anggota DPR periode 2019-2024. Adapun pengunduran diri itu tertuang dalam sebuah surat bertanda tangan Hanafi di atas materai Rp6.000 pada Selasa 5 Mei 2020 yang beredar di kalangan awak media.

"Saya menyatakan mengundurkan diri dari kepengurusan DPP PAN 2020-2025, dari Ketua Fraksi PAN DPR RI, dan dari anggota DPR RI Fraksi PAN 2019-2024," ujar Hanafi dalam surat tersebut sebagaimana dikutip Okezone.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini