Profil Irjen Boy Rafli Amar yang Kini Jabat Kepala BNPT

Puteranegara Batubara, Okezone · Rabu 06 Mei 2020 14:02 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 05 06 337 2210050 profil-irjen-boy-rafli-amar-yang-kini-jabat-kepala-bnpt-3aoFYd0Qn0.JPG Irjen Boy Rafli Amar saat dilantik menjadi Kepala BNPT (foto: ist)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Irjen Boy Rafli Amar sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), di Istana Negara, Jakarta Pusat, hari ini Rabu (6/5/2020).

Boy Rafli mendapatkan kenaikan pangkat atas jabatan itu. Mengingat, jenderal polisi yang ditunjuk menjabat sebagai Kepala BNPT nantinya akan mengemban bintang tiga dipundaknya atau Komisaris Jenderal -istilah di Polri-.

Pria kelahiran 25 Maret 1965 itu, merupakan alumni Akademi Kepolisian (Akpol) dengan kelulusan pada tahun 1988. Disinilah awal mula Ia menggeluti kerja sebagai aparat penegak hukum.

Selama awal karirnya, Boy sudah melalang buana ke beberapa unit di Polda, Polres, dan Polsek. Pada tahun 2007, Boy sudah bergelut di bidang terorisme, ketika itu dia pernah menjabat sebagai Kanit Negosiasi Subden Penindak Densus 88 Antiteror.

 boy

Setahun berlalu, Ia dipercaya menjadi Direskrimum Polda Maluku Utara pada tahun 2008. Setelah itu, di tahun yang sama, Boy juga dipromosi menjadi Kapolrestabes Padang.

Memasuki tahun 2009, karir Boy Rafli mengalami pergeseran, dari bidang serse menjadi kehumasan. Mengingat, segala jenis jabatan di kehumasan Polri pernah diemban oleh Boy Rafli.

Tak dipungkiri juga, nama dan sosok Boy dapat dikenal publik lantaran dia dikenal sebagai congor Polri yang sering muncul apabila ada kasus atau kejadian besar.

Pada 2009, Boy menjabat sebagai Kabid Humas Polda Metro Jaya. Lalu 2010, Ia menjadi Kabag Penum Divisi Humas Polri. Dua tahun berlalu, Boy akhirnya pecah bintang pertama setelah diangkat sebagai Karo Penmas Divisi Humas Polri.

Setelah berkelut di kehumasan, Boy akhirnya menjadi Kapolda Banten pada tahun 2014. Dua tahun menjabat, Boy kembali dipercayakan menjabat di bidang humas. Ia diangkat menjadi Kadiv Humas Polri, sekaligus turunnya bintang dua dipundaknya.

Hanya setahun jadi Kadiv Humas, Boy dipercayakan untuk memegang Kapolda Provinsi Papua. Selanjutnya, di tahun 2018, Ia menjadi Wakalemdiklat Polri. Dan kini, Boy Rafli telah menjabat sebagai Kepala BNPT dengan job jenderal bintang tiga.

(wal)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini