Dian Ediana Rae Resmi Dilantik sebagai Kepala PPATK

Fahreza Rizky, Okezone · Rabu 06 Mei 2020 10:19 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 06 337 2209898 dian-ediana-rae-resmi-dilantik-sebagai-kepala-ppatk-iXB10I81qX.jpg Dian Ediana Rae resmi dilantik menjadi kepala PPATK. (Foto: Istimewa)

JAKARTA – Presiden Joko Widodo resmi melantik Dian Ediana Rae sebagai kepala Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK). Pelantikan dilaksanakan di Istana Negara, Jakarta Pusat, sekira pukul 10.00, Rabu (6/5/2020).

Pelantikan ini berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 37/M Tahun 2020 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Kepala dan Wakil Kepala PPATK.

"Demi Allah saya bersumpah bahwa saya untuk menjadi Kepala PPATK langsung atau tidak langsung dengan nama atau dalih apa pun tidak memberikan atau menjanjikan untuk memberikan sesuatu kepada siapa pun," ujar Dian dalam sumpahnya.

"Saya bersumpah bahwa saya dalam melakukan atau tidak melakukan sesuatu dalam jabatan ini tidak akan menerima langsung atau tidak langsung dari siapa pun juga sesuatu janji atau pemberian dalam bentuk apa pun," tambahnya.

Dian Ediana Rae dilantik menjadi kepala PPATK. (Foto: Istimewa)

Dian juga bersumpah akan merahasiakan kepada siapa pun hal-hal yang menurut peraturan perundang-undangan wajib dirahasiakan.

"Saya bersumpah bahwa saya akan melaksanakan tugas dan kewenangan selaku Kepala PPATK dengan sebaik-baiknya dan dengan penuh rasa tanggung jawab. Saya bersumpah bahwa saya akan setia terhadap negara konstitusi dan peraturan perundang-undangan yang berlaku," jelas dia.

Acara dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara pelantikan oleh Dian Ediana dan Presiden Jokowi. Kemudian menyanyikan lagu kebangsaan 'Indonesia Raya'.

Sebelumnya Dian Ediana Rae menjabat wakil ketua PPATK. Ia ditugaskan menjadi kepala PPATK menggantikan Kiagus Ahmad Badaruddin yang meninggal dunia pada 14 Maret 2020.

Masa jabatan Dian sebagai ketua PPATK akan berakhir pada 2021 atau melanjutkan sisa masa jabatan pemimpin yang digantikannya.

Pelantikan ini dilakukan dengan menerapkan physical distancing. Presiden Jokowi dan para tamu lainnya juga menggenakan masker guna mencegah persebaran corona virus disease (covid-19).

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini