Beredar Surat Pengunduran Diri Hanafi Rais dari PAN

Harits Tryan Akhmad, Okezone · Selasa 05 Mei 2020 12:23 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 05 337 2209406 beredar-surat-pengunduran-diri-hanafi-rais-dari-pan-VwucsTUXeb.jpg Hanafi Rais (foto: Okezone.com)

JAKARTA - Putra Amien Rais yakni Hanafi Rais mengundurkan diri Partai Amanat Nasional (PAN), dan sebagai anggota DPR periode 2019-2024. Adapun pengunduran diri itu tertuang dalam sebuah surat bertanda tangan Hanafi diatas materai Rp6.000 pada Selasa 5 Mei dan beredar di awak media.

"Saya menyatakan mengundurkan diri dari kepengurusan DPP PAN 2020-2025, dari Ketua Fraksi PAN DPR RI, dan dari anggota DPR RI Fraksi PAN 2019-2024," ujar Hanafi dalam surat tersebut sebagaimana dikutip Okezone, Selasa (5/5/2020).

Kemudian Hanafi menuliskan dalam surat bahwa setelah Kongres V Februari lalu, ia berharap dan berikhtiar PAN bisa menegakan keadilan untuk menjaga keutuhan dan kebersamaan sesama kader. Apalagi saat Kongres dinilai sarat kekerasan dan mencoreng wajah partai.

"Kita hendaknya sudah dan terus mentaubati apa yang telah terjadi jika ingin Allah ridha dengan partai ini," katanya.

 Hanafi Rais

Kemudian ia mengatakan, jika PAN telah melewati momentum untuk memperbaiki diri lebih bijaksana dalam berorganisasi dan bersikap.

"Kecenderungan melakukan konformitas terhadap kekuasaan, sekalipun didahului dengan kritik-kritik bukan sikap yang adil di saat banyak kader dan simpatisan menaruh harapan menjadi antitesis dari pemegang kekuasaan," kata Hanafi.

Alasan tersebut membuat Hanafi memutuskan untuk mengundur diri sebagai pengurus dan anggota DPR partai yang didirikan sang ayah.

“Hanya ridha Allah yang saya tuju. Mohon maaf lahir dan batin atas segala kekurangan saya. Semoga Allah mengampuni dosa dan kesalahan saya dan kita semua,” tutupnya.

Untuk memastikan kebenaran surat tersebut Okezone sudah mencoba konfirmasi Hanafi Rais melalui pesan singkat. Namun belum ada respon hingga berita ini diturunkan.

Sekjen PAN Eddy Soeparno mengaku dirinya belum mendengar adanya informasi mundurnya putra Amien Rais itu sebagaimana yang telah beredar.

“Saya belum mendengarnya dan belum juga menerima surat yang telah beredar di teman-teman media. Pada prinsipnya kami menghormati sikap dan keputusan setiap kader PAN dalam membaktikan dirinya kepada partai dan masyarakat, baik di dalam struktur partai maupun di luar,” ujar Eddy kepada awak media saat dimintai tanggapan soal surat penguduran Hanafi Rais.

Terpisah, Ketua DPW PAN Sulawesi Barat sekaligus pendukung Mulfachri dan Hanafi Rais di Kongres V PAN, Muhammad Asri Anas membenarkan adanya surat pengunduran diri tersebut.

“Saya sudah konfirmasi sama Hanafi benar beliau mundur seperti disurat,” terang Anas kepada wartawan.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini