Puluhan Ribu TKI Pulang, Jokowi: Jangan Sampai Muncul Gelombang Kedua Covid-19

Fahreza Rizky, Okezone · Senin 04 Mei 2020 11:28 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 04 337 2208789 puluhan-ribu-tki-pulang-jokowi-jangan-sampai-muncul-gelombang-kedua-covid-19-6eKpbsipT4.jpg Presiden Joko Widodo (Foto: Ist)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan ada 89 ribu pekerja migran Indonesia (PMI) yang kembali ke Tanah Air di tengah pandemi corona. Jumlah ini diperkirakan masih akan terus bertambah. 

Jokowi memerintahkan jajarannya memonitor secara ketat potensi penyebaran virus corona di berbagai kluster, seperti di kluster PMI, jamaah tablig Gowa, rembesan pemudik dan industri. 

"Ini perlu benar-benar dimonitor secara baik," ujarnya dalam rapat terbatas melalui telekonferensi, Senin (4/5/2020).

Baca Juga: Jokowi: Masih Ada Pasien Positif Corona Lari dari Rumah Sakit

ilustrasi foto: ist

PMI digolongkan dalam kluster yang berpotensi menyebarkan Covid-19. Jokowi mendapatkan laporan ada 89 ribu PMI yang sudah kembali ke tanah air. Sedangkan 16 ribu lainnya diperkirakan akan menyusul.

(Baca Juga: Jokowi Tekankan Pentingnya Kecepatan Penyaluran Bansos)

Sebab itu, kepulangan PMI atau Tenaga Kerja Indonesia (TKI) harus diawasi secara ketat agar tidak menyebarkan Covid-19 ke Tanah Air. "Ini harus betul-betul ditangani, dikawal secara baik di lapangan sehingga jangan muncul gelombang kedua," tuturnya.

"Yang lain juga kluster industri. Kita harus memastikan industri yang diizinkan beroperasi yang mana, harus dicek di lapangan, mereka melakukan protokol kesehatan yang ketat atau tidak," pungkasnya. (ari)

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini