Pandemi Corona, Kementerian PPPA Luncurkan Buku 'Kamu Pahlawanku' untuk Anak-Anak

Puteranegara Batubara, Okezone · Minggu 03 Mei 2020 13:45 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 03 337 2208459 pandemi-corona-kementerian-pppa-luncurkan-buku-kamu-pahlawanku-untuk-anak-anak-5WJnmKbatd.jpg Menteri PPPA Bintang Puspayoga

JAKARTA - Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) meluncurkan buku berjudul 'Kamu Pahlawanku' untuk memberikan pemahaman kepada anak dalam menghadapi situasi pandemi Covid-19 atau virus corona saat ini.

Menteri PPPA I Gusti Ayu Bintang Puspayoga menjelaskan, pandemi corona telah memaksa pola hidup dan aktivitas masyarakat berubah dari kehidupan normal. Hal itu, kata Bintang juga merambah ke kebiasaan anak, misalnya harus belajar dari rumah dan tidak bisa bermain dengan teman-temannya.

"Dengan mengharap rahmat dan hidayah, buku cerita 'Kamu Pahlawanku' secara resmi saya luncurkan sebagai salah satu perwujudan untuk berikan yang terbaik bagi kepentingan anak," kata Bintang dalam tayangan virtual yang disiarkan oleh Gugus Tugas Nasional di Gedung Graha BNPB Jakarta, Minggu (3/5/2020).

Menurut Bintang, sebagian anak sudah bisa menyesuaikan diri dan bersahabat dengan situasi dewasa ini. Tetapi, kata dia, tak sedikit pula, anak yang masih belum bisa menerima akan kondisi di saat pandemik.

Mudah-mudahan dengan diluncurkannya buku cerita Kamu Pahlawanku bisa menjadi solusi dalam membantu meeeka memnerikan pemahaman ke anak terkait situasi pandemi ini," ujar Bintang.

Menurut Bintang, buku itu diadaptasi dari 'My Heroes You' sebuah buku cerita yang dikembangkan oleh kelompok ahli di komite antar lembaga dan dukungan kesehatan jiwa dan psiko sosial untuk anak-anak di seluruh dunia.

"Cerita ini di ilhami dari respon 1.700 anak orang tua, pengasuh, guru dari seluruh dunia termasuk indonesia dalam jajak pendapat bagaimana mereka mengatasi dampak Covid-19," ucap Bintang.

Baca Juga : Pemkot Bogor Salurkan Bantuan Tunai Rp500 Ribu Per KK

Dengan diluncurkannya buku itu, Bintang berharap, seluruh anak di Indonesia bisa menyerap pesan-pesan yang diberikan dalam karya tersebut.

"Kami apresiasi kepada Unicef indonesia yang telah memfasilitasi sehingga diluncurkannya buku cerita Kamu Pahlawanku," tutur Bintang.

Buku 'Kamu Pahlawanku' itu dapat diakses dengan berbagai macam versi yang disajikan. Antara lain, model elekteonik, audio book, video dongeng dan versi cetak.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini