Antisipasi Kejahatan saat Pandemi Corona, Polri Diharapkan Bertindak Cepat dan Tepat

Muhamad Rizky, Okezone · Minggu 03 Mei 2020 07:02 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 03 337 2208346 antisipasi-kejahatan-saat-pandemi-corona-polri-diharapkan-bertindak-cepat-dan-tepat-SidO4lkfos.jpg Kriminolog Edi Hasibuan. (Foto : Okezone.com)

JAKARTA – Kriminolog Edi Hasibuan menyatakan perlu adanya antisipasi dari jajaran kepolisian terkait aksi kejahatan di tengah pandemi virus corona (Covid-19). Hal itu menyusul sejumlah kasus kejahatan yang terjadi kepada masyarakat.

"Yang pasti Polri harus tegas dan bertindak cepat dan tepat. Jangan berikan ruang kepada penjahat untuk beraksi dan menyulitkan masyarakat," kata Edi kepada Okezone, Minggu (3/5/2020).

Menurut Edi, saat ini masyarakat tengah dihadapkan dengan kondisi yang sulit karena virus corona. Menurutnya kondisi tersebut jangan diperparah dengan maraknya aksi kejahatan.

"Masyarakat sudah susah dan jangan ditambah lagi penderitaan rakyat (karena aksi kejahatan)," tuturnya.

Ilustrasi. (Foto : Okezone,com)

Edi menyebut, aksi kejahatan yang belakangan kerap terjadi diakibatkan kondisi ekonomi yang serba sulit. Pada saat yang sama, para pelaku memanfaatkan kondisi tersebut untuk melakukan kejahatan.

"Pelaku (kejahatan) melihat polisi sedang sibuk melayani dan mengurus masyarakat agar terhindar dari Covid -19," katanya.

Karena itu Edi meminta jajaran kepolisian untuk melakukan antisipasi secara maksimal. Ia juga menyarankan agar polisi tidak sungkan menindak tegas para pelaku tersebut.

Baca Juga : Polisi Tangkap Pembunuh Sopir Taksi Online di Pulogadung

"Kalau ada penjahat yang sudah brutal dan membahayakan jiwa masyarakat dan anggota, Polri jangan ragu bertindak tegas. Rakyat pasti mendukungnya," tutur Edi.

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini