Hardiknas saat Pandemi Corona, Momentum Orangtua Dampingi Anak Belajar di Rumah

Fahreza Rizky, Okezone · Sabtu 02 Mei 2020 11:43 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 02 337 2208100 hardiknas-saat-pandemi-corona-momentum-orangtua-dampingi-anak-belajar-di-rumah-4sV4VdKzLd.JPG Ilustrasi (Foto: Instagram/@Kemdikbud RI)

JAKARTA - Anggota Komisi X DPR, Illiza Sa'aduddin Djamal menyampaikan refleksi atas peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2020 di tengah pandemi virus corona atau Covid-19.

Menurut Illiza, pandemi corona telah memberi pelajaran bahwa belajar bukan hanya dari buku dan guru, melainkan juga dari situasi serta keadaan. Oleh sebab itu, metode pembelajaran juga berubah seiring dengan situasi saat ini.

"Hal ini menjadi bahan pelajaran untuk kita di mana belajar bukan hanya dari buku dan guru dari situasi dan kondisi pun kita dapat belajar," ujarnya melalui keterangan tertulis kepada Okezone di Jakarta, Sabtu (2/5/2020).

Baca juga: Mendikbud Nadiem Ungkap Hikmah Corona pada Peringatan Hardiknas 2020

"Proses belajar mengajar berubah total tantangan baru untuk peserta didik, tenaga pendidik hingga orangtua dipaksa untuk mengerti akan kemajuan teknologi yang begitu cepat bertransformasi/berevolusi," tambah politikus PPP itu.

Ilustrasi

Mantan Wali Kota Banda Aceh itu berujar, pandemi corona menjadi momentum bagi orangtua untuk mendampingi anak-anaknya dalam proses belajar. Orangtua juga dapat membimbing anaknya agar berakhlak mulia.

"Dalam suasana seperti ini kita belajar untuk patuh dan taat arahan dari pemerintah untuk social dan physical distancing. Kendalikan ego, gunakan hati nurani agar ibu pertiwi cepat pulih seperti sedia kala dan proses belajar mengajar kembali normal," tutupnya.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini