Usung Tema "Belajar dari Covid-19", Kemendikbud Gelar Upacara Hardiknas 2020 Secara Terbatas

Harits Tryan Akhmad, Okezone · Sabtu 02 Mei 2020 11:34 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 02 337 2208097 usung-tema-belajar-dari-covid-19-kemendikbud-gelar-upacara-hardiknas-2020-secara-terbatas-ZYic7WcgBZ.JPG Mendikbud RI, Nadiem Anwar Makarim (Foto: Instagram/@nadiem_makarim)

JAKARTA - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) tetap menggelar upacara dalam memperingati Hari Pendidikan Nasioanal (Hardiknas) tahun 2020. Namun, upacara perayaan Hardiknas tidak dilakukan seperti biasanya lantaran tengah berada disituasi pandemi Covid-19.

Plt. Direktur Jendral PAUD, Pendidikan Dasar dan Menengah Kemendikbud, Hamid Muhammad mengatakan, upacara Hardiknas 2020 dilakukan secara terbatas dengan memperhatikan protokol kesehatan dan sebagian mengikuti secara virtual.

“Betul, upacaranya online. Itu ada perwakikan beberapa orang dan tetap jaga protokol kesehatan, tidak berkerumun dan semuanya bermasker,” ujar Hamid dalam konferensi pers via live streaming di Graha BNPB, Jakarta, Sabtu (2/5/2020).

Menurut Hamid, upacara tetap sebagaimana biasanya ada pengibaran sang saka merah putih. Upacara dipimpin oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim, hanya saja upacara cuma diikuti oleh beberapa jajaran Kemendikbud.

Nadiem Makarim

"Jadi, tahun ini kita tidak melaksanakan acara Hardiknas seperti biasa, ada upacara, tapi kita di rumah sambil mendengarkan arahan Pak Mendikbud melalui TVRI," jelasnya.

Di sisi lain, Hamid mengutarakan bahwa dalam perayaan Hardiknas tahun 2020 pihaknya mengangat tema “Belajar dari Covid-19”.

“Jadi memberikan makna kepada kita, bahwa kita harus belajar dari apa yang kita lalui selama ini, termasuk juga kita belajar bersama-sama dalam era pandemi Covid ini,” pungkasnya.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini