Tips Menjaga Kesehatan Jiwa saat Pandemi Covid-19

Harits Tryan Akhmad, Okezone · Jum'at 01 Mei 2020 10:51 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 01 337 2207677 tips-menjaga-kesehatan-jiwa-saat-pandemi-covid-19-B9kr8DmGXU.jpg Pemeriksaan suhu tubuh (Okezone.com/Dede)

JAKARTA – Pandemi Covid-19 kerap membuat kita takut, cemas bahkan stres sehingga butuh kesehatan jiwa yang baik agar mampu menghadapi situasi ini. Psikiater dari Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa Indonesia (PDSKJI), dr Lahargo Kembaren, Sp.KJ berbagi tips mengelola kesehatan jiwa.

“Salah satunya membatasi info berlebihan, terhadap berita yang mungkin belum diketahui kebenernannya. Ambil jarak sejenak dari info tersebut baik untuk kesehatan jiwa kita,” kata Lahargo dalam konferensi pers daring di Graha BNPB, Jakarta, Jumat (1/5/2020)

Kemudian memilah-milah informasi yang dapatkan, selalu ambil berita akurat dari sumber terpercaya, membaca sumber keliru akan membuat seseorang lebih cemas, munculkan masalah kesehatan jiwa.

 korona

“Kita perlu mengatasi kondisi tak nyaman selama pandemi ini, tapi hindari merokok, minum alkohol, atau menggunakan narkoba untuk atasi perasaan tak nyaman itu. Itu justru memperburuk perasaan tak nyaman,” ujar Lahargo.

Menurutnya, masyarakat perlu mengatasi emosi yang dirasakan seperti dengan menggunakan keterampilan, relaksasi menarik napas dalam-dalam, dan juga mindfullnes.

“Kesehatan jiwa anak dan remaja juga dibutuhkan, berilah kesempatan anak bersosialisasi dengan berbagai platform aplikasi. Ajak anak untuk berkegiatan produktif. Kalau ada perubahan pada anak kita jangan ragu konsultasikan ke profesional.”

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini