KSPI Minta Pemerintah Berikan Perlindungan Pekerja yang Terkena PHK

Achmad Fardiansyah , Okezone · Jum'at 01 Mei 2020 08:28 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 01 337 2207586 kspi-minta-pemerintah-berikan-perlindungan-pekerja-yang-terkena-phk-SE4K191gla.jpg Foto: Illustrasi Shutterstock

JAKARTA - Dampak Pandemi Virus Corona yang melanda di tanah air menyebabkan perekonomian negara terpuruk, akibatnya tidak sedikit para pekerja terpaksa di rumahkan. Menanggapi hal itu Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) meminta pemerintah memberikan perlindungan kepada para pekerja.

"Di tengah industri yang melemah, kami mendesak pemerintah memberikan proteksi kepada pekerja. Dengan mencegah terjadinya PHK," kata Ketua Departemen Komunikasi dan Media Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI), Kahar S Cahyono kepada Okezone, Jumat(1/5/2020).

Menurut Kahar, jika ada perusahaan yang melakukan penghentian kerja dengan alasan mengalami kerugian yang besar. Pemerintah diminta untuk turun tangan melakukan audit terhadap perusahaan tersebut.

 PHK

"Perusahaan yang mengatakan rugi dan melakukan PHK, harus diaudit keuangannya oleh akuntan publik. Benar-benar PHK atau hanya alasan," tegasnya.

Kahar mengaku, untuk saat ini pihaknya belum mendapatkan data berapa banyak para pekerja yang menjadi korban di rumahkan akibat Pandemi Virus Corona. Hanya saja dirinya baru mendapatkan sejumlah laporan dari berbagai daerah.

"Kalau jumlah PHK keseluruhan, KSPI belum punya. Saat ini baru sebatas laporan tiap daerah," tutupnya.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini