Romahurmuziy Bebas dari Penjara KPK

Arie Dwi Satrio, Okezone · Rabu 29 April 2020 22:14 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 29 337 2206939 romahurmuziy-bebas-dari-penjara-kpk-eifAEMK2Ox.jpg Romi saat bebas dari Penjara (foto: ist)

JAKARTA - Mantan Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP), M Romahurmuziy alias Romi resmi bebas dari Rumah Tahanan (Rutan) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), hari ini. Ia bebas setelah putusan Pengadilan Tinggi DKI mengabulkan upaya hukum bandingnya.

Romi bebas dari jeruji besi KPK sekira pada pukul 21.30 WIB dengan didampingi kuasa hukumnya, Maqdir Ismail. Dalam tayangan video yang diterima Okezone, Romi keluar dari Rutan KPK dengan mengenakan baju koko berwarna putih. Namun, ia keluar tanpa menggunakan masker.

 Romi

Romi selanjutnya akan langsung pulang ke kediamannya di daerah Condet, Jakarta Timur untuk bertemu dengan keluarganya yang sudah menanti. Ia mengucap syukur atas bebasnya dari Rutan KPK

"Pertama saya ucapkan puji syukur alhamdulillah, sesuai dengan putusan tinggi DKI jakarta bahwa saya sudah selesai menjalani per tanggal 28 april kemarin selama 1 tahun penuh, sehingga memang secara hukum berdasarkan penetapan dari pengadilan negeri jakarta pusat, bahwa MA hari ini telah menetapkan pengeluaran saya," kata Romi di pintu keluar Rutan KPK, Jakarta, Rabu (29/4/2020).

Sebelumnya, Pengadilan Tinggi (PT) DKI Jakarta pada Senin, 20 April 2020 mengabulkan banding yang diajukan Romi. Sehingga, hukuman Romi dipotong 1 tahun dari putusan Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat.

Pengadilan Tipikor Jakarta sendiri menghukum Romi dengan hukuman 2 tahun penjara dan denda Rp 100 juta subsider 3 bulan kurungan kepada Romi.

Diketahui, Jaksa Penuntut Umum (JPU) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah mengajukan kasasi ke Mahkamah Agung (MA) setelah adanya putusan PT DKI Jakarta pada Senin, 24 April 2020.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini