Ini Alasan Ketua KPK Pamerkan Tersangka saat Konferensi Pers

Harits Tryan Akhmad, Okezone · Rabu 29 April 2020 19:37 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 29 337 2206855 ini-alasan-ketua-kpk-pamerkan-tersangka-saat-konferensi-pers-D0gL9BTIre.jpg Ketua KPK Firli Bahuri. (Foto : Okezone.com/Fakhrizal Fakhri)

JAKARTA – Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri menjelaskan alasan pihaknya yang menghadirkan terduga tersangka kasus korupsi saat konferensi pers. Hal ini untuk memberikan efek jera kepada pelaku korupsi.

"Itu hanyalah untuk memberikan kepastian kepada masyarakat sekaligus pelajaran bahwa tersangkanya bisa membuat efek jera," ujar Firli dalam rapat dengar pendapat (RDP) dengan Komisi III DPR RI, Rabu (29/4/2020).

Pemaparan itu disampaikan Firli menjawab pernyataan anggota Komisi III Arsul Sani saat RDP. Arsul mengkritik kebijakan KPK dalam menghadirkan tersangka dalam konferensi pers.

Firli mengatakan, meski tersangka dihadirkan saat konferensi pers, wajah mereka tak ditampilkan ke masyarakat luas.

"Karena pada prinsipnya pada press rilis kemarin mereka membelakangi, tidak ditampilkan mukanya," ucap Firli.

Ilustrasi. (Foto : Okezone,com)

Kemudian is menginginkan tak ada lagi tersangka kasus korupsi bisa bergaya saat keluar gedung KPK.

"Mohon maaf Pak, kita juga tidak ingin tersangka dadah-dadah, ndak ada Pak. Dulu kan ada Pak, disuruh dadah-dadah gitu kan. Nah kita ndak," tutur Firli.

Lebih jauh, dia akan menerima masukan dari anggota Komisi III Arsul Sani terkait asas praduga tidak bersalah dengan menghadirkan tersangka dalam konfrensi pers ke publik.

Baca Juga : Tangkap Ketua DPRD Muara Enim, DPR: KPK Bekerja Tanpa Kegaduhan

"Kita ingin mengubah perilaku kita dari hal yang buruk menjadi hal yang baik. Itu dasar pemikirannya. Mohon maaf kalau seandainya keliru. Tapi, sementara yang diambil KPK dengan sikap seperti itu," tutur Firli.

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini