Pandemi Corona, Buruh Gelar Aksi May Day Lewat Medsos

Arie Dwi Satrio, Okezone · Rabu 29 April 2020 08:40 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 29 337 2206462 pandemi-corona-buruh-gelar-aksi-may-day-lewat-medsos-MimvZRHMlo.jpg Ilustrasi. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Sejumlah buruh berencana menggelar aksi tahunan menyambut Hari Buruh Internasional atau May Day, tepat pada 1 Mei 2020. Namun, aksi May Day tahun ini akan dilaksanakan berbeda dengan sebelumnya akibat adanya virus corona atau Covid-19.

Para buruh akan melaksanakan May Day dengan kampanye di media sosial serta lewat virtual. Adapun, tuntutan yang akan dikampanyekan di media sosial yakni penolakan RUU Omnibus Law Cipta Kerja, Pemecatan Hubungan Kerja (PHK) serta meminta agar adanya upah dan THR Lebaran. 

"Peringatan May Day dilakukan dengan campaign di media sosial dan virtual," kata Ketua Departemen Komunikasi dan Media Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI), Kahar S Cahyono kepada Okezone, Rabu (29/4/2020).

Ilustrasi. (Foto: Okezone.com)

Baca juga: Faktor Penyebab Tingginya Kematian Akibat Covid-19 di Usia Produktif Menurut Psikolog

Selain melaksanakan aksi lewat media sosial, pada peringatan Hari Buruh Internasional kali ini, KSPI mengajak agar para pekerja di Indonesia menggelar penggalangan dana. Dana itu untuk solidaritas pangan dan kesehatan para buruh yang kena PHK.

"Selain itu, aksi galang dana dari buruh untuk solidaritas pangan dan kesehatan," ucapnya.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini