4 Provinsi dengan Jumlah PHK Terbanyak Dampak Virus Corona

Arie Dwi Satrio, Okezone · Rabu 29 April 2020 06:42 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 29 337 2206427 4-provinsi-dengan-jumlah-phk-terbanyak-dampak-virus-corona-FyySC1JMY7.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Gelombang Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) terhadap sejumlah pekerja atau buruh, sudah terjadi di beberapa daerah Indonesia. PHK terjadi akibat merebaknya virus corona atau Covid-19. Lantas, daerah mana saja yang paling banyak melakukan PHK terhadap para buruh?

Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) mendata, ada empat daerah yang paling banyak merumahkan atau melakukan PHK terhadap para buruh. Empat daerah itu yakni Jakarta, Jawa Timur, Banten dan Jawa Barat. Dari data yang diterima KSPI, mayoritas yang dirumahkan adalah pekerja kontrak. 

"Wilayah yang paling banyak PHK itu Jawa Barat, Jawa Timur, Banten, DKI. Sebagian besar yang pekerja kontrak dikeluarkan," kata Ketua Departemen Komunikasi dan Media KSPI, Kahar S Cahyono saat dikonfirmasi Okezone, Rabu (29/4/2020). 

Baca juga: Rasio Kesembuhan Pasien Covid-19 di Sumut Capai 36 Persen

Kendati demikian, Kahar mengaku belum mendapat jumlah pasti buruh atau pekerja yang dirumahkan akibat Covid-19. Sejauh ini, Kahar baru menerima laporan dari masing-masing wilayah terkait PHK para pekerja. 

Ilustrasi. (Foto: Okezone.com)

"Kalau jumlah yang dirumahkan dan di PHK, sejauh ini KSPI belum melakukan pendataan. Hanya sebatas laporan umum dari masing-masing wilayah," terangnya. 

Kahar menyatakan bahwa, data valid yang diterima KSPI baru dari pihak perusahaan. Saat ini KSPI masih fokus melakukan advokasi antara para pekerja dengan pihak perusahaan.

"Jumlah belum terekap. Karena advokasi ini lebih banyak di tingkat  daerah. Beberapa perusahaan, misalnya di Banten, Jatim, melaporkan PHK," ujarnya. 

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini