Covid-19 Diprediksi Berakhir Juli, Ini Tanggapan Pakar Kesehatan

Arie Dwi Satrio, Okezone · Selasa 28 April 2020 06:20 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 28 337 2205848 covid-19-diprediksi-berakhir-juli-ini-tanggapan-pakar-kesehatan-YDmhLbDgvK.jpg Ilustrasi. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Dewan Pakar Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI), Hermawan Saputra meyangsikan prediksi wabah virus corona atau Covid-19 berakhir di Indonesia pada Juni-Juli 2020.

Hermawan ragu Covid-19 bisa benar-benar tuntas pada Juni atau Juli. Kendati demikian, prediksi tersebut bisa aja terjadi, jika kasus positif Covid-19 di Jakarta bisa dikontrol dan menjadi landai.

"Kalau berakhir tuntas kemungkinan enggak ya. Hanya saja, kalau di DKI Jakarta kasusnya menjadi landai, kemudian terkontrol, ya bisa jadi," kata Hermawan saat dikonfirmasi Okezone, Selasa (28/4/2020).

Infografis Okezone

Hermawan mengungkapkan, beberapa ahli justru memiliki perbedaan pandangan soal prediksi Covid-19. Sejumlah ahli malahan memprediksi puncak pandemi Covid-19 terjadi pada Juni dan Juli.

Baca juga: UEA Kirim Bantuan 20 Ton Perlengkapan Medis Covid-19 untuk Indonesia

"Kalau melihat prediksi model dari berbagai ahli, ada juga yang mengatakan justru di bulan Juni dan Juli itu kemungkinan puncak pandemi," ucapnya.

Hermawan berhara Pemerintah bisa mengontrol, serta mewaspadai daerah-daerah yang angka kasus positifnya cukup tinggi. Hal itu menjadi salah satu kunci agar wabah Covid-19 bisa segera berakhir di Indonesia.

"Mudah-mudahan Juni dan Juli ini bisa terkendali secara serentak di Indonesia," harapnya.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini