KPK Tangkap 2 Tersangka Terkait Kasus Suap Bupati Muara Enim

Arie Dwi Satrio, Okezone · Minggu 26 April 2020 23:02 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 26 337 2205236 kpk-tangkap-2-tersangka-terkait-kasus-suap-bupati-muara-enim-xUDR0HdL6k.jpg Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). (Foto: Dok Okezone)

JAKARTA – Tim Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengamankan dua tersangka kasus dugaan suap terkait proyek-proyek pekerjaan di lingkungan Dinas Pekerjaan Umum (PU) Pemerintah Kabupaten Muara Enim. Kedua tersangka itu berinisial AHB dan RS.

Mereka disinyalir merupakan tersangka baru dalam pengembangan kasus dugaan suap yang menyeret mantan Bupati Muara Enim, Ahmad Yani. Keduanya diamankan di kediaman masing-masing di daerah Palembang pada pagi tadi.

"Penangkapan dua tersangka hasil pengembangan penyidikan kasus korupsi Kabupaten Muara Enim atas nama tersangka RS dan tersangka AHB tadi pagi Minggu tanggal 26 April 2020 jam 07.00 WIB dan 08.30 WIB di rumah tersangka di Palembang," jelas Ketua KPK Firli Bahuri saat dikonfirmasi Okezone, Minggu (26/4/2020) malam.

Belum diketahui secara pasti identitas dua tersangka baru itu maupun sangkaan yang menjerat. Pun demikian, penetapan tersangka diberikan kepada AHB dan RS.

Ketua KPK Firli Bahuri. (Foto: Okezone)

Firli hanya menyebut keduanya ditangkap setelah KPK menemukan bukti permulaan yang cukup dari pengembangan perkara yang menyeret Ahmad Yani.

"Hasil penyidikan diperoleh bukti yang cukup sehingga KPK dapat menemukan kedua tersangka tersebut," katanya.

Dalam perkara ini, KPK telah lebih dulu menetapkan tiga tersangka terkait kasus dugaan suap sejumlah proyek di Dinas PUPR Muara Enim.

Ketiganya yakni mantan Bupati Muara Enim, Ahmad Yani; Kabid Pembangunan Jalan di Dinas PUPR Muara Enim, Elfin Muhtar; dan pihak swasta, Robi Okta Fahlefi.

Ahmad Yani diduga menerima suap sekira Rp13,9 miliar dari Robi Fahlefi. Suap itu diduga berkaitan dengan 16 paket pekerjaan di Kabupaten Muara Enim yang dimenangkan oleh perusahaan Robi.

Ahmad Yani meminta bantuan kepada Elfin Muhtar agar proyek PUPR diberikan ke Robi.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini