Share

Presiden Jokowi: Suasana Baru Ramadhan Kita Rasakan, Meresapi Makna Sejati Puasa

Fahreza Rizky, Okezone · Kamis 23 April 2020 20:56 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 23 337 2203958 presiden-jokowi-suasana-baru-ramadhan-kita-rasakan-meresapi-makna-sejati-puasa-4KZQCrnMOk.png Presiden Jokowi.

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, masyarakat Indonesia akan merasakan suasana baru dalam menjalankan ibadah puasa Ramadhan 1441 Hijriah. Puasa tahun ini berlangsung di tengah pandemi virus corona atau Covid-19.

Jokowi mengatakan, adanya wabah corona telah memaksa semua pihak menjalankan ibadah dengan suasana yang sangat berbeda. Meski demikian, Presiden mengajak masyarakat menyambut Ramadhan dengan penuh rasa syukur, kendati sedang menghadapi tantangan.

"Tidak ada kesemarakan di jalanan, ruang masjid pun berada dalam keheningan, suasana baru akan kita rasakan, meresapi makna sejati ibadah puasa yang kita jalankan," ucap Jokowi dalam video yang diunggah Sekretariat Presiden, Kamis (23/4/2020).

Presiden Jokowi.

Kepala Negara berujar, puasa adalah ibadah pribadi tanpa perlu saksi. Puasa dapat dijadikan momentum memperkuat diri, menjaga semua orang yang dicintai dan berdisiplin diri di tengah pandemi. 

Baca juga: Pasien Sembuh Covid-19 di Indonesia Terus Meningkat, Kasus Meninggal Turun

"Mari kita sambut Ramadhan yang barokah sebagai momen untuk memutus rantai penularan wabah demi keselamatan diri, sanak saudara dan seluruh bangsa," ucap Jokowi.

"Marhaban ya Ramadhan, selamat menjalankan ibadah puasa, semoga Allah SWT meridhoi langkah kita, memberi kekuatan dalam menghadapi cobaan dan memberkahi bangsa Indonesia," tutupnya.

Sebelumnya, pemerintah menetapkan bahwa awal Ramadan 1441 Hijriah jatuh besok, Jumat 24 April 2020. Keputusan tersebut diambil setelah hilal teramati di wilayah Indonesia.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini