Share

Begini Skenario Polri Halau Pemudik di Tengah Pandemi Corona

Harits Tryan Akhmad, Okezone · Kamis 23 April 2020 07:50 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 23 337 2203479 begini-skenario-polri-halau-pemudik-di-tengah-pandemi-corona-43XbIVkNkH.jpg Tol Jagorawi salah satu jalur sering dilintasi pemudik (Okezone.com/Arif Julianto)

JAKARTA - Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri telah menyiapkan skenario penyekatan jalan menindaklanjuti larangan mudik oleh pemerintah mulai 24 April 2020. Penyekatan itu ditujukan bagi kendaraan pribadi dan umum yang akan melintas keluar dan masuk wilayah Jabodetabek.

"Jadi kita akan melakukan penyekatan terutama yang akan keluar dari Jabodetabek," kata Kabagops Korlantas Polri Kombes Benyamin kepada Okezone, Kamis (23/4/2020).

Baca juga: Jokowi Akhirnya Larang Mudik 

Benyamin mengatakan, penyakatan dilakukan di beberapa titik, mulai di pintu Gerbang Tol Cikarang Utama mengarah keluar Jabodetabek. Begitupula sebaliknya, bagi kendaraan dari arah luar mengarah ke Jabodetabek pun tidak diperbolehkan masuk.

"Di sana yang hanya boleh melintas hanya kendaraan tertentu saja. Kalau kendaraan pribadi dan angkutan umum akan kita keluarkan di Cikarang Barat," tutur Benyamin.

 Ilustrasi

Kendaraan dari arah Jabodetabek menuju ke Pelabuhan Merak juga dibatasi. "Dari arah Jakarta ke Banten kita adang di Bitung, enggak boleh ke Merak. Begitu juga dari Banten ke arah Jakarta akan kita adang di Cikupa," tuturnya.

Benyamin, skenario tersebut tidak hanya diterapkan di jalan nasional dan tol, tapi juga jalan arteri non-tol yang biasa dilalui oleh pemudik dengan sepeda motor. "Kayak di jalur Bekasi kan ada yang menuju Karawang di jalur non-tol. Maka akan kita alihkan," tuturnya.

Dia berharap, skenario tersebut bisa meminimalisasi jumlah pemudik.

Pemerintah sudah memutuskan melarang mudik mulai Jumat 24 April, karena Indonesia sedang berjuang melawan Covid-19. Mudik yang membuat pergerakan masyarakat dalam jumlah besar dari satu daerah ke daerah lain berisiko mempercepat penyebaran virus corona.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini