Ancam Narapidana Asimilasi yang Berulah, Menkumham: Pasti Akan Sangat Menyesal

Arie Dwi Satrio, Okezone · Rabu 22 April 2020 20:52 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 22 337 2203386 ancam-narapidana-asimilasi-yang-berulah-menkumham-pasti-akan-sangat-menyesal-3Yu8lIuRUY.JPG Menkumham, Yasonna Hamonangan Laoly (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Menteri Hukum dan HAM (Menkumham), Yasonna Hamonganan Laoly menyoroti adanya narapidana program asimilasi dan integrasi yang kembali berulah. Ia mengaku telah menyiapkan skema hukuman berat bagi narapidana asimilasi yang kembali berulah.

Kendati demikian, Yasonna masih enggan mengungkap skema hukuman berat untuk narapidana program asimilasi dan integrasi yang kembali berulah. Ia hanya menekankan bahwa hukuman itu akan membuat narapidana program asimilasi yang bandel, menyesal.

"Belum perlu disampaikan ke publik dulu. Yang pasti mereka pasti akan sangat menyesal," kata Yasonna saat dikonfirmasi awak media, Rabu (22/4/2020).

Yasonna mengaku telah memperingatkan para narapidana yang mendapat asimilasi untuk tidak mengulangi perbuatan kriminalnya. Dikatakan dia, napi yang kembali berulah bakal dijebloskan ke sel pengasingan atau straft cell setelah diperiksa oleh kepolisian.

Para napi tersebut bakal menghabiskan sisa masa hukuman mereka di sel pengasingan. Setelah menjalani masa hukuman, narapidana yang kembali berulah bakal diserahkan ke kepolisian untuk menjalani proses hukum tindak pidana yang baru.

"Bahwa kami harus waspada ya. Dan kami juga sudah menyampaikan secara tegas. Napi assimilasi yang mengulangi, akan kami ambil dari polisi setelah di BAP, dan dimasukkan ke straft cell untuk menyelesaikan sisa hukumannya," ujar dia.

"Setelah selesai hukuman, diserahkan ke Polisi kembali untuk tindak pidana baru. Dan kami tidak akan memberi remisi ke yang bersangkutan," sambungnya.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini