Pelayanan Kesehatan Reproduksi & Imunisasi Tetap Berjalan saat Pandemi Covid-19

Puteranegara Batubara, Okezone · Rabu 22 April 2020 19:34 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 22 337 2203358 pelayanan-kesehatan-reproduksi-imunisasi-tetap-berjalan-saat-pandemi-covid-19-fYe4rEESAG.jpg Menteri PPPA, Bintang Puspayoga. (Foto: Kemen PPPA)

JAKARTA - Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), I Gusti Ayu Bintang Puspayoga memastikan pelayanan kesehatan reproduksi untuk perempuan, tetap berjalan di tengah pandemi Covid-19 atau virus corona. 

“Pemenuhan layanan kesehatan terutama pelayanan kesehatan reproduksi harus dipastikan tetap dilakukan," kata Bintang dalam jumpa pers live streaming di Gedung Graha BNPB Jakarta, Rabu (22/4/2020).

Pelayanan kesehatan reproduksi bagi perempuan adalah bentuk keharusan atau tidak bisa ditunda. Adapun pelayanan itu di antaranya persalinan, pemeriksaan kehamilan dan program soal Keluarga Berencana (KB).

Tak hanya untuk perempuan, Bintang memastikan layanan kesehatan pada anak seperti imunisasi tetap berjalan di tengah mewabahnya virus corona. 

Baca juga: Polda Jambi Bongkar Peredaran 25,8 Kg Ganja Dikendalikan Napi di Lapas

"Memastikan tetap berlangsungnya layanan kesehatan anak misalnya imunisasi dan lain-lain," ujar Bintang. 

Pelayanan di tengah pandemi Covid-19 bisa dilakukan secara online, maupun petugas medis langsung menyambangi rumah warga.

Bintang menjelaskan, pemenuhan hak kesehatan reproduksi perempuan akan dijamin. Apalagi 70 persen tenaga medis yang menangani pasien Covid-19 adalah sosok perempuan.

"Pemenuhan hak-hak kesehatan reproduksi perempuan tenaga kesehatan selama menangani pasien Covid-19. Apalagi perawat itu adalah 70% perempuan," ucapnya.

Selain itu, layanan juga akan terus berlangsung. Perhatian khusus bagi perempuan dan anak yang mengidap HIV-AIDS.  

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini