Peristiwa 22 April: Hari Bumi, Lahirnya Ricardo Kaka dan KTT Asia-Afrika

Harits Tryan Akhmad, Okezone · Rabu 22 April 2020 06:03 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 04 22 337 2202880 peristiwa-22-april-hari-bumi-lahirnya-ricardo-kaka-dan-ktt-asia-afrika-cFU9T21JXw.jpg Bendera peserta KTT Asia-Afrika berkibar di Jakarta jelang pembukaan pada 22 April 2015 (Okezone.com/Dede)

JAKARTA - Bermacam peristiwa penting dan bersejarah terjadi pada 22 April. Agar mengingatnya kembali, Okezone pun coba merangkum peristiwa-peristiwa itu, sebagaimana dikutip dari laman Wikipedia:

1529 - Perjanjian Saragosa

Perjanjian Saragosa ditandatangani pada 22 April 1529, adalah perjanjian antara Spanyol dan Portugis yang menentukan bahwa belahan bumi bagian timur dibagi di antara kedua kerajaan tersebut dengan batas garis bujur yang melalui 297,5 marine leagues atau 17° sebelah timur Kepulauan Maluku.

Perjanjian ini adalah kelanjutan dari Perjanjian Tordesillas yang membagi belahan bumi barat di antara Spanyol dan Portugal dan diprakarsai oleh Paus, yang melihat persaingan perebutan koloni yang dilakukan oleh Portugis dan Spanyol.

Dalam perjanjian ini dicapai hasil yang lebih rinci dari dua belah pihak. Spanyol harus meninggalkan Maluku dan memusatkan kegiatan di Filipina; Portugis tetap melakukan aktivitas perdagangan di Maluku.

1724 - Kelahiran Filsuf Immanuel Kant

Immanuel Kant lahir di Königsberg, Kerajaan Prusia, pada tanggal 22 April 1724, Kota itu sekarang bernama Kaliningrad di Rusia.

Dia berasal dari keluarga pengrajin yang sederhana. Kant kemudian menjadi guru besar untuk logika dan metafisika di Universitas Königsberg. Dia secara rutin menyajikan kuliah tentang geografi fisik.

Hal ini dilakukannya sepanjang tahun sampai 1796. Dalam pengantar kuliahnya, dia selalu menegaskan tempat geografi dalam dunia ilmiah. Dia memberikan landasan falsafi bagi geografi sebagai pengetahuan ilmiah. Minat Kant dalam geografi fisik tidak dirangsang oleh pengalamannya menghadapi alam di berbagai belahan dunia, tetapi muncul dari penyelidikan filsofis atas pengetahuan empiris.

Bagi Kant, geografi adalah ilmu empiris yang ingin menunjukkan alam sebagai suatu sistem. Geografi, menurut dia, merupakan ilmu tentang fenomena fisik dan budaya yang tersusun dalam ruang bumi.Ilustrasi

Aksi Hari Bumi di Medan (Dok Okezone)

1970 - Hari Bumi

Hari Bumi adalah hari pengamatan tentang bumi yang dicanangkan setiap tahun pada 22 April dan diperingati secara internasional mulai 1970. Hari Bumi dirancang untuk meningkatkan kesadaran dan apresiasi terhadap planet yang ditinggali ini.

 Dicanangkan oleh Senator Amerika Serikat Gaylord Nelson yang juga seorang pengajar lingkungan hidup pada 1970. Tanggal ini bertepatan dengan musim semi di Northern Hemisphere (belahan bumi utara) dan musim gugur di belahan bumi selatan.

1982 - Hari Lahir Kaka

Ricardo Izecson dos Santos Leite alias Kaká atau Ricardo Kakà lahir di Gama, FD, Brasil, 22 April 1982. Ia adalah bintang sepakbola asal Brasil. Kaká memulai karier sepak bolanya di São Paulo FC.

Pada 2003, ia bergabung dengan AC Milan dengan biaya sebesar € 8,5 juta. Di Milan, ia sangat gemilang dan berhasil memenangkan Ballon d'Or dan FIFA World Player of the Year pada 2007. Dia kemudian hijrah ke Spanyol bergabung dengan Real Madrid. Kaka kemudian pindah ke Orlando City dan pensiun pada Oktober 2017.

2015 – Pembukaan Konferensi Asia-Afrika di Jakarta

Konferensi Tingkat Tinggi Asia-Afrika berlangsung 19-24 April 2015 di Jakarta dan Bandung. Pembukaannya dilakukan oleh Presiden Jokowi di JCC Senayan, Jakarta, pada 22 April 2015. Kemudian, pada 24 April, diselenggarakan puncak peringatan HUT Ke-60 Konferensi Asia Afrika di Gedung Merdeka, Bandung.

KTT Asia-Afrika 2015 dihadiri 89 kepala negara dan pemerintahan dari 109 negara di kawasan Asia dan Afrika, 17 negara pengamat dan 20 organisasi internasional, serta 1.426 perwakilan media domestik dan asing. Menghasilkan 3 dokumen yaitu Pesan Bandung 2015 (Bandung Message), Deklarasi Penguatan Kemitraan Strategis Baru Asia Afrika (NAASP) dan Deklarasi kemerdekaan Palestina.

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini