Fokus Tangani Covid-19, PKS Belum Kirim Nama ke Panja Omnibus Law Cipta Kerja

Harits Tryan Akhmad, Okezone · Senin 20 April 2020 18:31 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 20 337 2202111 fokus-tangani-covid-19-pks-belum-kirim-nama-ke-panja-omnibus-law-cipta-kerja-BjzAEwot1K.jpg Anggota Baleg dari Fraksi PKS, Ledia Hanifa (foto: istimewa)

JAKARTA - Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) telah resmi membentuk panitia kerja (Panja), terkait Rancangan Udang-Undang (RUU) Omnibus Law Cipta Kerja. Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) tidak mengirimkan perwakilan untuk menjadi bagian anggota Panja tersebut.

Mengenai hal tersebut, Anggota Baleg dari Fraksi PKS Ledia Hanifa menegaskan alasan pihaknya tak mau mengirimkan nama lantaran sedang fokus menangani pandemi virus corona atau Covid-19.

“Kita sudah sampaikan rapat pertama kita sedang fokus pada masalah penyelesaian pandemi covid. Itu perlu keseriusan, jadi seluruh pihak termasuk pemerintah ini kan kerja pemerintah harus ekstra lebih baik kita mendahulukan mengatasi masalah pandemi covid ini,” ujar Ledia kepada wartawan di Jakarta, Senin (20/4/2020).

Maka dari itulah, PKS memandang Omnibus Law Cipta Kerja dapat dibahas jika pandemi Covid-19 sudah selesai. Sehingga RUU tersebut tak ada alasan untuk buru-buru dibahas, sebab untuk berkaitan dengan Ekonomi pemerintah telah mengeluarkan Perppu Nomor 1 tahun 2020.

 Omnibus Law

“Jadi enggak ada alasan buru-buru, kalau berkaitan ekonomi dan segala macem kan sudah ada Perppu. Jadi selesaikan dengan Perppu dimasa Covid-19 ini, kan perlu diselesaikan dengan Perppu,” jelas dia.

“Covidnya ini harusnya yang penting diselesaikan, agar kondisi ekonomi tidak menjadi lebih baik,” imbuh dia.

Lebih lanjut Ledia menuturkan bahwa pihaknya akan mengirimkan nama ke Panja RUU Omnibus Law Cipta Kerja, jika pandemi ini telah dinyatakan selesai.

“Kalau pemerintah nyatakan pandemi selesai, nanti PKS akan bergabung,” tandas Ledia.

Diketahui sebelumnya, berdasarkan daftar anggota Panja Omnibus Law Cipta Kerja yang diterima Okezone, saat ini total ada 37 nama. Dimana Panja tersebut terdiri dari lima pimpinan dan 32 anggota.

Untuk lima pimpinan Panja diisi oleh, Ketua Panja dari Fraksi Gerindra Supratman Andi Agtas. Kemudian untuk Wakil Ketua ada Rieke Diah Pitaloka dari Fraksi PDIP, Willy Aditya dari Fraksi Nasdem, Ibnu Multazam dari Fraksi PKB dan Achmad Baidowi dari Fraksi PPP.

Dari Fraksi PDIP ada delapan nama yang dikirimkan yaitu Sturman Panjaitan, Irmadi Lubis, Ichsan Soelistio, Arteria Dahlan, Hendrawan Supratikno, Diah Pitaloka, Esti Wijayati, dan Andreas Eddy Soesetyo.

Kemudian Fraksi Partai Golkar mengirimkan enam nama sebagai anggota Panja, yaitu yakni Firman Soebagyo, Nurul Arifin, John Kennedy Azis, Supriansa, Sarmuji, dan Lamhot Sinaga.

Fraksi Partai Gerindra mengirimkan lima nama anggota Panja Omnibus Law Cipta Kerja, yaitu Heri Gunawan, Obon Tabroni, Hendrik Lewerissa, Darori Wonodipuro, dan Sodik Mudjahid.

Selanjutnya Fraksi Partai Nasdem mengirimkan tiga nama yaitu Taufik Basari, Saan Mustofa, dan Fauzi H Amro. Kemudian Fraksi PKB ada tiga nama yakni Mohammad Toha, Ela Siti Nuryamah, serta Sukamto.

Fraksi Partai Demokrat menyumbang tiga nama, mereka adalah Bambang Purwanto, Hinca Pandjaitan, serta Benny K. Harman. Begitupula dengan Fraksi PAN ada Guspardi Gaus, Ali Taher Nasril Bahar dan Fraksi PPP hanya mengirimkan satu nama yaitu Syamsurizal.

Lalu Fraksi PKS sendiri yang tidak mengirimkan anggota fraksinya menjadi anggota Panja Omnibus Law Cipta Kerja pun dikosongkan.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini