Kemenhub Tak Mau Gegabah Hentikan Operasional KRL di Wilayah PSBB

Fahreza Rizky, Okezone · Jum'at 17 April 2020 10:29 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 17 337 2200564 kemenhub-tak-mau-gegabah-hentikan-operasional-krl-di-wilayah-psbb-lrvDGZNbM6.jpg Ilustrasi. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan membahas usulan sejumlah kepala daerah, terkait penghentian sementara operasi kereta api listrik (KRL) Commuter Line, di wilayah Jabodetabek selama masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Kemenhub tak mau gegabah menghentikan operasional KRL karena menyangkut perekonomian masyarakat.

"Ini akan dibahas," kata Kasubag Humas Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kemenhub, Supandi saat dikonfirmasi Okezone, Jumat (17/4/2020).

Supandi mengatakan, perlu pertimbangan yang matang sebelum pengambilan keputusan terkait hal ini. Pasalnya, moda transportasi massal ini menyangkut hajat hidup orang banyak.

Oleh sebab itu, ia memastikan akan menginformasikan kepada awak media jika pemerintah telah mengambil keputusan terkait penghentian KRL di zona PSBB tersebut.

"Banyak yang harus dipertimbangkan, nanti kalau sudah hasil pembahasan akan diinfokan," jelas Supandi.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengaku telah mengusulkan kepada Menteri Perhubungan (Menhub) Ad Interim Luhut Binsar Pandjaitan agar KRL dihentikan sementara operasinya.

Penumpang KRL Tetap Ramai Meski Ada Isu Penyebaran Virus Korona

Anies menyebut Kemenhub bersama Kementrian BUMN tengah membahas usulannya itu. “Mereka sedang membahas. Menurut jawaban yang diterima, nanti bantuan sosial sudah berhasil diturunkan, maka pembatasan operasi itu akan dilakukan,” tandas Anies.

Tanggapan KCI

PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) masih melakukan pengkajian di internal menyikapi usulan mengenai penghentian sementara operasional KRL.” Kita masih tunggu keputusan," kata Maneger Eksternal Relation PT KCI, Adli Hakim kepada Okezone, Jumat (17/4/2020).

Adli mengaku, pihaknya belum bisa memberikan keterangan lebih mendalam terkait usulan sejumlah kepala daerah terkait ini. 

PT KCI juga telah mengetahui usulan lima kepala daerah di wilayah Bodebek untuk menghentikan sementara operasional KRL. Sampai saat ini, pembahasan usulan tersebut masih dilakukan pemerintah pusat, pemerintah daerah, PT KAI, dan PT KCI.

"Selama dalam pembahasan, pada 16-17 April ini KRL Commuter Line masih beroperasi sebagaimana pada masa PSBB," tuturnya.

Penumpang Kebingungan 

Salah seorang penumpang KRL di Stasiun Bekasi, Doni Suhendar (30), mengaku bingung akan menggunakan moda trasportasi apa untuk bekerja. Pasalnya, perusahaan tempatnya bekerja tidak meliburkan karyawannya.

“Ini nih, kita bingung pas kemarin dapet informasi KRL mau disetop sementara. Karena kantor enggak libur, pakai sistem sehari masuk sehari enggak," ujarnya. 

Perusahan tempatnya bekerja yang berlokasi di wilayah Rawamangun, Jakarta Timur itu bergerak di bidang farmasi. Sehingga, para pekerjanya tetap diwajibkan masuk meski DKI Jakarta dan Kota Bekasi menerapkan PSBB.

"Mau gimana lagi, ketentuan kantor seperti itu. Kita bingung juga, kita kan butuh pemasukan juga, mau makan apa nanti kalau libur lagi,” keluhnya.

Untunglah, perusahaannya menerapkan sistem masuk kerja bergantian kerja dan pulang lebih cepat. "Kalau biasanya pulang jam lima sore, sekarang jam empat sudah pulang sih," ucapnya. 

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini