Kepala BP2MI Akan Kawal Kepulangan TKI di Tengah Pandemi Corona

Fakhrizal Fakhri , Okezone · Rabu 15 April 2020 17:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 15 337 2199672 kepala-bp2mi-akan-kawal-kepulangan-tki-di-tengah-pandemi-corona-RABR4kPDw9.jpg Benny Ramdhani (Foto: Okezone)

JAKARTA - Kepala Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) Benny Ramdhani memastikan akan mengawal kepulangan para tenaga kerja Indonesia (TKI) di tengah pandemi corona (Covid-19) di Tanah Air.

Menurut dia, selain karena wabah corona, para TKI tersebut pulang ke kampung halamannya lantaran menjelang bulan suci Ramadan dan Lebaran 1441 Hijriah.

"Kita ingin memberikan jaminan kepada pekerja migran yang saya ingin menyebutnya mereka adalah VIP negara. Mereka adalah pahlawan devisa," kata Benny usai dilantik Presiden Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (15/4/2020).

Baca Juga: Sosok Benny Ramdhani Kepala BP2MI Kepercayaan Presiden Jokowi 

Benny ingin para TKI yang kembali ke Indonesia mendapat pengawalan khusus sesuai dengan standar protokoler kesehatan.

"Kita akan tunduk patuh dan bahkan kita ingin memastikan tidak hanya mereka kembali dijamin aman di setiap perbatasan tadi seperti pelabuhan, airport, dan wilayah perbatasan. Sehingga mereka tiba di kampung halaman (dengan selamat). Sekali lagi pekerja migran adalah VIP negara," tuturnya.

ilustrasi foto: ist 

Dia menambahkan, pemerintah telah mengimbau agar para TKI tidak pulang kampung terlebih dahulu saat adanya pandemi corona di Tanah Air. Namun, bila para TKI tersebut ingin pulang, pemerintah tidak akan melarangnya.

"Kita akan siapkan dengan skema lain yaitu kita menyiapkan semua infrastruktur yang kita miliki untuk kita bersama-sama dengan satuan gugus tugas kemudian kementerian dan lembaga untuk bekerja sama bagaimana tidak hanya mereka aman, dijamin kepulangan dan tiba sampai di kampung halaman. Tapi juga bantuan-bantuan tidak boleh satu pun pekerja migran tidak mendapatkan bantuan," tuturnya.

Baca Juga: Malaysia Lockdown, 1.498 TKI Dipulangkan ke Bengkalis

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini