Peristiwa 14 April: Titanic Tabrak Gunung Es, Presiden AS Tewas Ditembak

Arie Dwi Satrio, Okezone · Selasa 14 April 2020 05:58 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 14 337 2198709 peristiwa-14-april-titanic-tabrak-gunung-es-presiden-as-tewas-ditembak-spMjAmrTbz.jpg ilustrasi

JAKARTA - Serangkaian peristiwa pernah terjadi pada 14 April dari tahun ke tahun. Beberapa peristiwa yang terjadi pada 14 April kemudian tercatat menjadi bagian penting dari sejarah di dunia.

Okezone merangkum beberapa peristiwa penting yang terjadi pada 14 April dari tahun ke tahun merujuk berbagai sumber. Peristiwa itu diantaranya kapal Titanic menabrak gunung es hingga akhirnya tenggelam, sampai gempa dahsyat mengguncang China.

Berikut ulasan singkat peristiwa penting pada 14 April hasil rangkuman Okezone :

1. Hungaria Merdeka dari Austria

Hungaria merupakan sebuah negara yang terkurung oleh daratan di Eropa tengah. Negara ini berbatasan dengan Austria, Slowakia, Ukraina, Kroasia, dan Serbia. Dalam sejarahnya, Hungaria beberapa kali mengalami revolusi.

Pada 14 April 1849, Hungaria tercatat memproklamirkan kemerdekaannya dari Austria. Revolusi dan perang antara rakyat Hungaria dengan Austria berlangsung sejak 1848-1849. Pada April 1849, Hungaria akhirnya memproklamirkan kemerdekaannya dari Austria.

2. Presiden Amerika Abraham Lincoln Ditembak

Foto: Telegraph

Abraham Lincoln, Presiden ke-16 Amerika Serikat dibunuh oleh seorang pemain sandiwara yang memiliki gangguan jiwa, John Wilkes Booth. Ia dibunuh dengan cara ditembak di teater Ford, Washington, Amerika Serikat, pada 14 April 1865.

Keesokan harinya, atau 15 April 1865, Abraham Lincoln meninggal dunia karena luka tembaknya. Lincoln merupakan Presiden Amerika Serikat pertama yang dibunuh. Ia dikenang Amerika dan dunia sebagai pejuang demokrasi.

Pembunuh Lincoln, John Wilkes juga dikenal sebagai pendukung konfederasi yang menentang diserahkannya tentara konfederasi kepada pemerintah setelah perang saudara berakhir. John Wilkes kemudian juga meninggal dibunuh.

3. Kapal Titanic Menabrak Gunung Es

ilustrasi

Kapal penumpang super Britania Raya, RMS Titanic menabrak sebuah gunung es di Samudra Atlantik Utara pada 14 April 1912 sekira pukul 23.40 waktu setempat. Insiden kecelakaan menabrak gunung es itu membuat salah satu kapal terbesar pada jamannya tersebut tenggelam dan menewaskan 1.514 penumpangnya.

Titanic tenggelam pada saat melaksanakan pelayaran perdananya dari Southampton, Inggris ke New York. Kapal Titanic tenggelam pada 15 April 1912 setelah menabrak gunung es dan merobek lambung kapal serta mengoyak lima dari 16 kompartemen kedap airnya.

Insiden kecelakaan pelayaran kapal Titanic itu menjadi bencana maritim terkelam pada masanya. Sebab, kapal yang super megah itu tidak didukung dengan perahu sekoci yang bisa mengangkut seluruh penumpang.

Titanic dilaporkan hanya memiliki 20 sekoci yang mampu mengangkut 1.178 penumpang. Padahal, jumlah penumpang kapal Titanic sendiri tercatat ada sekira 2.000an.

4. Bom Mobil Meledak di Sri Lanka

Sebuah bom mobil meledak di Triconmalee, Sri Lanka pada 14 April 1989. Akibat ledakan bom tersebut, sebanyak 38 orang meninggal dunia.

Peristiwa bom mobil di Sri Lanka tersebut merupakan satu dari rentetan peristiwa teror yang terjadi pada 1989. Selain Sri Lanka, Kolombia dan Lebanon merupakan salah satu negara yang menjadi bagian dari teror bom mobil pada 1989.

5. Badai Es di Sydney

Kota Sydney di Australia pernah mengalami bencana badai es pada 14 April 1999. Badai es ini merupakan salah satu bencana yang paling merugikan di Australia. Sebab, kerusakan akibat bencana ini meluas di sepanjang timur New South Wales.

Badai ini dilaporkan menjatuhkan sekira 500.000 ton batu es. Kerusakan asuransi akibat badai es ini mencapai 1,7 miliar dolar Amerika Serikat. Tak hanya itu, petir akibat badai ini juga menewaskan satu warga Sydney.

6. Gempa di China Tewaskan 2.700 Orang

ilustrasi

Gempa bumi berkekuatan magnitudo 6,9 mengguncang China pada 14 April 2010. Gempa itu berpusat di Yushu, Qinghai, Tiongkok, sekira pukul 07.49 waktu setempat. Gempa yang dikenal dengan sebutan gempa bumi Yushu 2010 itu dilaporkan menewaskan 1.944 orang dan 10.000 orang cedera.

Gempa tersebut juga berdampak pada hancurnya gedung di daerah China. Tak hanya itu, gempa juga mengakibatkan longsor lokal di daerah China. Terjadi sejumlah gempa susulan yang cukup besar usai gempa utama mengguncang daerah itu

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini